Ini Cara Pakai 2 Akun WhatsApp Sekaligus di Ponsel Android Anda

Ingin Menggunakan Dua Akun WhatsApp dalam 1 Ponsel Android? Begini Caranya (Pexels.com/Torsten Dettlaff)

MAKASSARINSIGHT.com - WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang cukup populer termasuk di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini karena aplikasi WhatsApp memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan mengirim pesan baik pesan teks, suara, video, gambar, atau melakukan panggilan telepon dan panggilan video. 

Pada umumnya, seseorang hanya menggunakan satu akun WhatsApp di satu ponsel saja. Jika memiliki dua akun WhatsApp, maka biasanya digunakan di perangkat yang berbeda.

Lalu, apakah memungkinkan untuk menggunakan dua akun WhatsApp dalam satu ponsel Android sekaligus? Seperti yang dilansir dari laman HT Times, pengguna Android ternyata bisa menggunakan dua akun WhatsApp dalam satu ponsel yang sama.

Baca Juga: 

Meski begitu, ada syaratnya. Syaratnya yaitu kedua akun tersebut harus dibuka dari dua nomor ponsel yang berbeda.

Secara resmi, satu akun WhatsApp hanya bisa dibuka di satu smartphone saja. Akun WhatsApp hanya dapat diverifikasi dengan satu nomor di satu ponsel. Jika Anda memiliki ponsel SIM ganda, perlu diketahui bahwa Anda tetap hanya menggunakan satu nomor untuk melakukan verifikasi WhatsApp. 

Namun ternyata ada trik yang membuat pengguna Android dapat menjalankan dua akun WhatsApp pada satu perangkat sekaligus. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan aplikasi Dual Apps yang bisa diinstal langsung lewat Google Play Store. Berikut cara menggunakan aplikasi tersebut.

Cara Menjalankan Dua Akun WhatsApp dalam Satu Perangkat Menggunakan Dual Apps

1. Pertama, buka kunci ponsel Android Anda lalu buka bagian Settings atau Pengaturan.

2. Gulir ke bawah, lalu tap ‘Aplikasi’ atau ‘Application’.

3. Pilih ‘Dual Apps’ dan klik ‘Create’, lalu pilih WhatsApp.

Sekarang, Anda bisa menuju ke aplikasi launcher dan membuka WhatsApp menggunakan ikon Dual Apps. Selanjutnya, Anda bisa mengatur akun WhatsApp Anda menggunakan nomor telepon lain lalu Anda bisa menggunakannya.

Jika Anda menggunakan ponsel dari Samsung, Anda bisa menggunakan Dual Apps itu dengan cara pergi ke menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’. Kemudian, klik ‘Advanced Features’ dan gulir ke bawah untuk mencari ‘Dual Messenger’.

Dari berbagai opsi yang disediakan, klik WhatsApp. Sekarang, Anda bisa membuka aplikasi launcher dan mulai menggunakan akun WhatsApp yang kedua.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan dua akun WhatsApp sekaligus dalam satu ponsel. Selamat mencoba.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 15 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories