Ini Cara Mendeteksi Akun Instagram Palsu

Awas Terjebak Penipuan! Begini Cara Mendeteksi Akun Instagram Palsu (Pexels.com/Cottonbro)

MAKASSARINSIGHT.com - Berbagai media sosial yang ada saat ini memang memudahkan hidup sehari-hari. Kita bisa mendapatkan informasi secara cepat bahkan berbelanja dengan lebih mudah.

Namun, ada kalanya media sosial, seperti Instagram justru digunakan sebagai alat untuk menipu seseorang, salah satunya dengan menggunakan akun Instagram palsu. Akun Instagram palsu ini dapat mengelabui orang agar membeli produk palsu, mengirim uang untuk tujuan palsu dan masih banyak lagi. Sayangnya, penipuan ini biasanya terasa sangat menyakinkan.

Oleh karena itu, ada baiknya jika mulai sekarang Anda berhati-hati dan mengetahui cara mendeteksi akun Instagram palsu.

Baca Juga:

Cara Mendeteksi Akun Instagram Palsu

1. Nama Pengguna Tidak Sesuai

Perhatikan lebih dekat nama pengguna atau username akun yang Anda curigai. Periksalah apakah nama username tersebut masuk akal atau tidak. 

2. Mengunggah Foto Mencurigakan

Foto adalah salah satu petunjuk besar apakah akun Instagram tersebut asli atau palsu. Anda bisa mencoba melihat foto profilnya dengan foto yang ada di feeds atau highlight story-nya. Jika berbeda, bisa jadi akun tersebut adalah palsu. Anda juga perlu berhati-hati jika foto profil atau foto yang diunggah adalah stok foto dari situs layanan penyedia foto gratis.

3. Memiliki Terlalu Sedikit atau Terlalu Banyak Pengikut

Banyak dari kita memang tidak memiliki followers atau pengikut yang banyak di Instagram. Akan tetapi, setidaknya akun Instagram asli masih memiliki beberapa pengikut. Akun dengan hanya sedikit pengikut bisa jadi red flag untuk Anda. Red flag lainnya yaitu jika akun tersebut adalah akun baru dan sudah mengikuti ribuan orang.

Namun, jangan lengah. Ada beberapa penipu yang tampak lebih pintar dengan membeli pengikut Instagram palsu untuk meningkatkan jumlah followers mereka agar akunnya tampak lebih asli.

4. Akun dengan Nama Selebriti Mengirim DM ke Instagram Anda

Banyak penipu yang menggunakan akun selebriti untuk menipu orang lain. Jika Anda bukan orang terkenal, ada baiknya Anda waspada ketika ada akun Instagram dengan nama seperti seorang artis tapi mengirimi Anda pesan di DM Instagram, apalagi jika mereka mengatakan kehilangan dompet dan perlu meminjam sejumlah uang atau memberi kabar bahwa Anda menang giveaway serta meminta Anda untuk mengirim uang agar bisa mencairkan dana giveaway tersebut.

5. Berpura-pura Menjadi Teman Anda

Terkadang penipu menggunakan taktik yang berlawanan dan mencoba menyamar sebagai seseorang yang Anda kenal. Bisa jadi akun Instagram tersebut menggunakan social engineering dan mulai mengirimkan Anda link atau tautan phising agar Anda sebagai teman mau ‘menolong’ mereka.

6. Mengirim Pesan Agresif

Tidak hanya mengirimkan kata-kata yang manis, terkadang penipu juga ada yang mengirimkan pesan DM yang lebih agresif. Hal ini bisa dilakukan dengan kedok menjadi teman  atau pasangan romantis. Tetaplah waspada ketika menerima pesan-pesan tersebut, apalagi bagi seseorang yang sedang rentan atau kesepian.

7. Membuat Permintaan Secara Mendesak

Aspek lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah akun Instagram tersebut asli atau palsu adalah dengan melihat apakah mereka mengirim DM yang memiliki kesan urgensi. Sering kali penipu memanfaatkan berita seperti bencana alam agar Anda mau membantu mereka. 

Mereka juga bisa berpura-pura menjadi seseorang yang Anda kenal dan membutuhkan uang untuk bisa selamat seperti membeli bensin. Tipsnya adalah jangan lemah dan jangan mudah panik jika mendapatkan pesan tersebut. Jika akun tersebut mengaku sebagai orang terdekat Anda, Anda bisa mencoba mengkonfirmasinya langsung ke orang yang mungkin mengenalnya.

Baca Juga:

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi akun Instagram palsu agar terhindar dari penipuan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 14 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories