Ini Cara Mencegah Akun Instagram Anda Aman dan Tidak Mudah Diretas

Hati-hati! Begini Cara Mencegah Akun Instagram Diretas (Pexels.com/Brian Ramirez)

MAKASSARINSIGHT..com - Media sosial seperti Instagram memang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi secara cepat. Selain itu, Instagram juga kerap digunakan untuk memasarkan produk jualan agar semakin banyak orang yang mengenal produk yang kita tawarkan.

Namun memiliki akun Instagram ternyata memiliki beberapa risiko, salah satunya yaitu risiko diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab. Meski begitu, Anda tetap bisa mencegahnya dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan seperti berikut ini.

Baca Juga: 

Cara Mencegah Akun Instagram Diretas

1. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor 

Jika Anda mengaktifkan autentikasi dua faktor atau two-factor authentication ini, maka Instagram akan memberi tahu Anda jika ada seseorang yang masuk ke akun Anda dari perangkat yang tidak mereka kenali sebagai milik Anda. Anda juga akan menerima notifikasi atau diminta untuk memasukkan kode login khusus. Karena peretas tidak akan memiliki kode tersebut, Anda bisa menghentikan upaya peretas mengambil alih akun Instagram Anda.

Namun, beberapa peretas mungkin memiliki trik lainnya untuk menghadapi hal ini, tapi cara ini tetap bermanfaat untuk dilakukan karena memberi penghalang dari para peretas. Untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor, ketuk gambar profil Anda, ketuk pengaturan, lalu ketuk keamanan. Klik autentikasi dua faktor dan ikuti petunjuk selanjutnya.

2. Bersikap Skeptis

Jika ada seorang teman Anda mengirim sebuah link atau tautan, mungkin Anda tidak akan berpikir lebih lanjut dan secara alamiah akan mengklik link tersebut. Namun, sebelum Anda mengklik, pastikan Anda mengkonfirmasi kepada teman Anda melalui pesan teks dan tanyakan apakah dia baru saja mengirimkan Anda sebuah link.

3. Menggunakan Password yang Berbeda

Peretas biasanya mendapatkan password Anda dari situs lainnya yang telah disusupi perangkap untuk mendapatkan password Anda. Mereka akan mencoba berbagai jenis password milik Anda dan jika cocok dengan kata sandi Instagram Anda, mereka akan bisa masuk. Anda juga perlu menggunakan frasa password yang lebih kuat agar peretas kesulitan menebaknya.

4. Periksa Aplikasi Pihak Ketiga

Sebelum Anda install aplikasi, Anda perlu melakukan riset apalagi pada aplikasi pihak ketiga. Hindari aplikasi yang mengharuskan Anda menyerahkan kata sandi Anda. 

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa cara mencegah akun Instagram diretas. Selamat mencoba.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 15 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories