Ini 5 Tanda Anda Menghabiskan Terlalu banyak Uang

Waduh! Ini 5 Tanda Anda Menghabiskan Terlalu banyak Uang (Freepik.com/Jcomp)

MAKASSARINSIGHT.com - Tanggal gajian merupakan tanggal yang sering dinanti-nanti apalagi bagi karyawan atau pekerja kantoran. Seringkali setelah mendapatkan gaji, banyak orang terburu-buru menggunakannya untuk berbagai hal, seperti membayar tagihan, cicilan, atau justru membeli berbagai wishlist atau barang impian.

Namun, jika Anda ingin menjadi orang kaya suatu hari nanti, sangat penting untuk menjaga pengeluaran agar tetap terkendali. Bahkan, banyak jutawan mengatakan bahwa rahasia membangun kekayaan adalah hidup di bawah kemampuan.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai melihat kondisi keuangan agar mengetahui apakah Anda menghabiskan terlalu banyak uang dari tabungan. Berikut ciri-cirinya.

Baca Juga: 

5 Tanda Anda Menghabiskan Terlalu banyak Uang

1. Pengeluaran melebihi pendapatan

Biaya hidup memang bisa mahal, tapi kunci agar mencapai stabilitas keuangan adalah memiliki lebih banyak uang yang masuk daripada keluar. Saat Anda menghitung semua pengeluaran tetap bulanan Anda, jumlahnya tidak boleh melebihi pendapatan bulanan. Jika ya dan Anda tidak mengurangi di pos pengeluaran tertentu, Anda bisa jadi akan terlilit utang.

2. Utang lebih besar

Ketika pengeluaran Anda melebihi pendapatan Anda dan kondisi ini berlangsung lama, itu artinya Anda berakhir dengan kekayaan bersih negatif. Hal tersebut berarti utang Anda lebih besar dari apa yang Anda miliki.

3. Secara konsisten berutang pada kartu kredit

Menggunakan kartu kredit untuk semua atau sebagian besar pembelian sebetulnya normal dilakukan selama Anda mampu melunasi secara penuh setiap bulan. Namun, jika tidak, bisa jadi utang kartu kredit Anda semakin meningkat atau Anda membelanjakan uang yang sebenarnya tidak Anda miliki.

4. Membeli barang untuk membuat teman terkesan

Jika Anda membeli tiket ke setiap festival atau konser dan bergabung saat teman mengajak acara happy hour, mungkin itu pertanda Anda membelanjakan lebih dari yang Anda mampu. Anda mungkin tidak mengetahui situasi keuangan masing-masing teman-teman Anda dan menganggap bahwa Anda mampu membeli sesuatu karena mereka mampu, atau justru lebih buruk lagi yaitu Anda membuat teman Anda terkesan dengan Anda.

5. Tidak menabung sama sekali

Menabung untuk masa pensiun dan pengeluaran besar adalah harus selalu menjadi bagian dari penganggaran Anda, bahkan saat Anda baru pertama kali bekerja. Mungkin Anda telah meyakinkan diri sendiri bahwa Anda tidak dapat menabung karena Anda tidak menghasilkan cukup uang atau uang sewa terlalu tinggi, tapi bisa jadi hanya karena Anda menghabiskan uang terlalu banyak.

Baca Juga: 

Itu tadi ciri-ciri atau tanda bahwa Anda menghabiskan terlalu banyak uang.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 11 Feb 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories