Ini 5 Makanan dan Minuman yang Kurang Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Jangan Sembarangan, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Buka Puasa (Trenasia)

MAKASSARINSIGHT.com - Bulan Maret ini umat muslim di berbagai negara ikut menunaikan ibadah puasa Ramadan. Puasa tidak hanya bernilai ibadah tapi juga dapat memberikan manfaat pada kesehatan.

Namun, ada banyak kesalahan yang dilakukan oleh banyak orang ketika menjalankan ibadah puasa, salah satunya ketika makan buka puasa. Banyak orang yang memilih sembarang makanan bahkan lebih menyukai gorengan dan makanan lainnya yang ternyata tidak menyehatkan dan tidak boleh dikonsumsi saat buka puasa.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menyimak penjelasan mengenai makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat buka puasa berikut agar tubuh Anda tetap fit dan sehat.

Baca Juga: 

5 Makanan dan Minuman yang Tidak Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa

5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Buka Puasa

1. Minuman berkarbonasi atau soda

Ketika Anda berbuka puasa cobalah untuk menghindari minum minuman olahan dan minuman berkarbonasi. Minuman tersebut biasanya mengandung gula dalam jumlah yang banyak yang dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan, obesitas, dan menyebabkan kembung dan gas yang menimbulkan gangguan pencernaan.

2. Makanan tinggi gula

Makanan tinggi gula seperti permen dan cokelat harus dihindari karena gizinya sedikit dan tinggi kalori. Makanan tersebut juga akan menambah berat badan dan menimbulkan masalah kesehatan jika dikonsumsi setiap hari.

3. Makanan yang digoreng atau gorengan

Makanan berminyak dan digoreng seperti pangsit goreng, samosa, kue kering, dan gorengan lainnya harus dihindari karena mengandung lemak dan disimpan di dalam tubuh sebagai jaringan lemak. Konsumsi makanan berlemak setelah berjam-jam puasa juga dapat menimbulkan gangguan pencernaan.

4. Makanan pedas

Makanan yang bercita rasa pedas dapat memicu asam lambung. Apalagi ketika Anda buka puasa, maka lambung sedang kosong sehingga makanan pedas justru dapat meningkatkan penyakit lambung atau maag.

5. Minuman kafein

Minuman yang mengandung kafein sebaiknya tidak dikonsumsi secara langsung ketika Anda buka puasa. Hal ini karena minuman berkafein dapat memicu peningkatan asam lambung.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi ketika buka puasa terutama di bulan Ramadan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 24 Mar 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories