Ini Cara Mudah untuk Menghemat Uang Jelang Ramadan

3 Cara Mudah dan Sederhana untuk Menghemat Uang Jelang Ramadan (Trenasia)

MAKASSARINSIGHT.com - Menjelang bulan Ramadan, banyak orang mulai berbelanja kebutuhan sehari-hari untuk menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan saat ibadah puasa nanti. Tidak hanya itu, berbagai online shop juga mulai meningkatkan penjualannya dengan memberikan berbagai promo yang mungkin terkesan menguntungkan jika berbelanja saat ini.

Akan tetapi, jika hal itu tidak diatur dengan hati-hati, maka Anda justru bisa melakukan belanja secara berlebihan yang dapat meningkatkan pengeluaran. Oleh karena itu, simak cara mudah dan sederhana untuk menghemat uang jelang Ramadan berikut ini.

Baca Juga: 

Cara Mudah Menghemat Uang untuk Belanja Jelang Ramadan

Cara Mudah Menghemat Uang untuk Belanja Jelang Ramadan

1. Belanja sesuai dengan kebutuhan

Setiap hari tentu Anda selalu menggunakan ponsel atau smartphone. Hal ini karena smartphone dapat memudahkan pekerjaan sehari-hari atau bahkan untuk mencari konten hiburan.

Meski begitu, ketika Anda menelusuri media sosial melalui ponsel, Anda mungkin akan terpapar berbagai iklan produk yang mungkin Anda inginkan di bulan Ramadan ini.

Untuk mencegah pengeluaran secara berlebihan, maka ada baiknya jika Anda tetap cermat melihat iklan produk serta hanya berbelanja barang yang dibutuhkan saja.

2. Membuat daftar belanja

Dengan daftar belanja, Anda bisa mengetahui barang apa saja yang stoknya mulai menipis di rumah Anda dan butuh untuk Anda beli. Selain itu, pastikan Anda tetap disiplin mengikuti daftar belanja yang sudah dibuat agar pengeluaran tidak membengkak.

3. Pertimbangkan metode pembayaran

Ada baiknya jika Anda mulai menganalisis apa saja yang membuat Anda jadi boros atau belanja secara impulsif. Jika Anda cenderung impulsif menggunakan mobile banking atau pembayaran secara cashless, Anda bisa mulai mengganti metode pembayaran dengan uang tunai.

Itu tadi beberapa cara mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk berhemat menjelang bulan Ramadan. Selamat mencoba.

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 18 Mar 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories