Ini 3 Pertanda Akan Terjadi Badai PHK

Waspada! Inilah 3 Pertanda Akan Terjadi Badai PHK (Freepik)

MAKASSARINSIGHT.com - Semua orang tentu terpukul jika terjadi PHK. Jika Anda baru di dunia kerja, pikiran kehilangan pekerjaan tentu terasa menakutkan terutama jika Anda mengalami hal ini untuk pertama kalinya.

Selama masa ekonomi yang sulit, salah satu hal pertama bagi pekerja muda adalah memahami soal kesehatan keuangan perusahaan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui pertanda badai PHK yang harus diwaspadai, seperti yang dirangkum dari laman Harvard Business Review.

Ciri-ciri atau Pertanda Akan Terjadi Badai PHK

Ciri-ciri atau Pertanda Akan Terjadi Badai PHK

1. Perusahaan tidak melakukan perekrutan

Ketika kondisi ekonomi sedang baik, Anda mungkin melihat ada karyawan baru bergabung dengan perusahaan Anda setiap minggu. Akan tetapi, ketika prospek ekonomi sedang tidak pasti, perusahaan bisa jadi akan mulai menghentikan perekrutan dan mengurangi biaya tambahan seperti perjalanan dan bonus.

Baca Juga: 

Strategi lain yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk memotong biaya adalah dengan mempekerjakan pekerja kontrak, bukan karyawan full time untuk proyek yang penting. Jika upaya gabungan ini tidak berhasil, perusahaan dapat mengambil langkah selanjutnya dengan menerapkan PHK massal untuk mengurangi pengeluaran.

2. Menghilangkan produk atau program tertentu

Ketika pasar sedang tidak pasti, perusahaan dapat memutuskan untuk menghentikan suatu program atau inisiatif tertentu yang sebelumnya telah ditetapkan. 

3. Perubahan gaya manajemen

Atasan Anda bertanggung jawab untuk terus menerus memperbarui pekerjaan Anda. Akan tetapi, kadang-kadang perubahan perilaku mereka dapat menandakan akan adanya badai PHK. 

Misalnya, tiba-tiba manager cenderung melakukan micromanager tentang proyek yang sedang Anda bicarakan, dengan siapa Anda berbicara, dan apa langkah Anda selanjutnya, hal ini bisa menjadi tanda bahaya. Perubahan gaya komunikasi semacam ini bisa berarti atasan Anda sedang bersiap untuk mengambil alih beban kerja Anda ketika Anda pergi dan perlu mengetahui detail pekerjaan Anda.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa pertanda akan terjadi badai PHK yang perlu Anda waspadai.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 07 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories