PSM JUARA

PSM Makassar. (Official PSM Makassar )

MAKASSARINSIGHT.com - PSM Makassar sukses mengakhir puasa gelar selama 23 tahun. Bahkan PSM sudah memastikan gelar juara sebelum gelaran musim 2022/2023 usai.

Penantian panjang PSM Makassar untuk kembali merengkuh trofi Liga 1 terbayar pada laga pekan ke 23 tahun setelah mengalahkan Madura United dengan skor 1-3 di Gelora Madura Ratu Pamelingan sudah cukup bagi Juku Eja untuk membawa pulang trofi ke Makassar.

Sebab kemenangan itu, membawa Pasukan Ramang mengoleksi 72 poin dari 32 laga yang dilakoni. Pesaingnya, Persib Bandung pun sudah tak mampu mengejar.

Apalagi, Persib Bandung harus tunduk 2-0 atas Persija Jakarta di laga tunda pekan 18 yang jadwalnya berlangsung sama dengan PSM. Alhasil, poin Persib tertahan 59 dan hanya menyisakan 3 laga dan itupun tak mampu mengejar PSM bila disapu bersih dengan kemenangan.

Baca Juga: 

Seperti diketahui, PSM Makassar terakhir kali meraih gelar juara Liga Indonesia pada musim 1999-2000. Saat itu, tim besutan Syamsuddin Umar tampil superior sepanjang satu musim.

Apalagi, skuad yang diisi PSM kala itu terdiri dari campuran pemain Timnas Indonesia dan pemain lokal. Ada nama Aji Santoso, Kurniawan Dwi Yulianto, hingga Bima Sakti, Hendro Kartiko, hingga Miro Balde Bento.

Sementara pemain lokal, diisi oleh Rahman Usman, Syamsuddin Batolla, Ronny Ririn, Yuniarto Budi, Yusrifar Djafar dan Ansar Abdullah. Adapun pemain asing, diisi oleh Carlos de Mello (Brazil), Josep Lewono (Kamerun) Charles Lionga (Kamerun) dan Cristiano Saraiva Tavares (Brasil).

Kini, PSM kembali mengulangi pencapaian musim 1999-2000 dengan meraih gelar juara Liga 1 musim 2022-2023. Walaupun di awal, tim kebanggaan masyarakat Makassar Sulsel itu, dipandang sebelah mata.

Pasalnya, mereka memulai kompetisi dengan pemain yang beberapa diantaranya dari Liga 2, dan diisi pemain akademi. Sisanya, pemain senior yang bertahan seperti Rasyid Bakri, M Arfan, hingga Wiljan Pluim yang masih setia bersama Juku Eja.

Baca Juga: 

– Dua Laga Sebelum Angkat Trofi

Meski telah resmi meraih gelar juara, Pasukan Ramang masih menyisakan dua laga sisa. Masing-masing melawan PSIS Semarang pada Kamis 6 April 2023 dan terakhir melawan Borneo yang jadwalnya belum ditentukan.

Di laga melawan Borneo itu, sekaligus akan menjadi momen Wiljan Pluim dan kawan-kawan mengangkat trofi. Pesta pun dipastikan bakal semakin meriah lantaran laga itu akan berlangsung di Gelora BJ Habibie, Kota Parepare, Sulsel. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories