Didampingi DLH, Tim Verifikasi Penghargaan Pembangunan Daerah Bappenas Kunjungi Longwis Zurich

Tim verifikasi PPD Bappenas kunjungi lorong wisata Zurich Makassar. (Dok DLH)

MAKASSARINSIGHT.com - Tim verifikasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) dari Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) mengunjungi lorong wisata (longwis) Zurich di Kompleks Dewi Kumala Sari, Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea,  Makassar, Kamis (30/3/2023).

Kunjungan tim PPD Bappenas ini turut didampingi oleh penanggunga jawab longwis Zurich yang juga merupakan Kepala Bidang 3, pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Taufiq Djabbar.

Salah satu obyek kunjungan tim PPD Bappenas adalah melihat Bank Sampah Dewi Sari Zurich yang berada di RT 05/RW 03, Kelurahan Tamalanrea.

Baca Juga: 

Diketahu, program lorong wisata yang menjadi salah satu program Wali Kota Makassar Danny Pomanto, merupakan unggulan yang dibawa Pemkot Makassar dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023 ini.

Direktur Regional 2 Bappenas, Muhammad Roudo mengatakan verifikasi lapangan dengan mengunjungi titik-titik lorong wisata ini merupakan tahap terakhir dari penilaian PPD 2023.

"Tahap III ini kita turun mengecek ke lapangan, memverifikasi. Ini untuk nilai akhir sebelum diumumkan kota-kota mana yang akan meraih PPD tahun ini," kata Muhammad Roudo.

Dari sepuluh kota yang lolos sampai ke tahap III. Nanti ada tiga kota yang akan meraih PPD 2023 dari Bappenas.

Tiga besar itu nantinya akan diumumkan pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas).

Ia menyebutkan ada beberapa yang menjadi indikator penilaian. Diantaranya, pencapaian, pendekatan perencanaan dari bawah (button up). Pendekatan perencanaan dari atas (button down), pendekatan perencanaan teknokratik, politik, akuntabilitas, dan inovasi.

Baca Juga: 

"Nilainya paling besar itu inovasi, mulai dari proses, input, output, sampai outcomenya. Termasuk bagaimana membangun komunikasi  meningkatkan kualitas dokumen perencanaan," tegasnya.

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories