Batal di Indonesia, Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Mendekat ke Argentina

Fans Argentina merayakan gelar juara timnasnya di Piala Dunia 2022 Qatar beberapa waktu lalu. (The Star)

MAKASSARINSIGHT.com—Argentina menjadi kandidat kuat menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pengalaman menggelar ajang serupa plus infrastruktur yang memadai membuat Argentina di atas angin. Argentina sendiri tampak berambisi menjadi tuan rumah agar timnasnya lolos langsung ke Piala Dunia U-20. 

Diketahui, Argentina U-20 terhenti di kualifikasi setelah kalah bersaing dengan Brasil, Kolombia, dan Paraguay di Grup A CONMEBOL Sudamericano U-20. Kabar Argentina menjadi tuan rumah baru Piala Dunia U-20 kian santer menyusul rencana pertemuan Presiden Federasi Sepak Bola Argentina (AFA), Claudio Tapia, dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Pertemuan yang digelar di Asuncion, Paraguay, Kamis 30 Maret 2023 waktu setempat itu diyakini untuk membahas peluang Argentina menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Jurnalis Argentina, Jorge Rial, mengonfirmasi kabar pertemuan tersebut. “Pertemuan antara Tapia dan Infantino besok di Paraguay, akan menentukan apakah Argentina bisa jadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” ujar Rial, Rabu 29 Maret 2023. 

Terbatasnya waktu persiapan diyakini membuat FIFA menjatuhkan pilihannya pada Argentina. Diketahui, FIFA memastikan tak akan mengundur jadwal Piala Dunia U-20 2023 yang diagendakan 20 Mei-11 Juni. Dengan pengalamannya menggelar Piala Dunia U-20 2001 dan sejumlah event sepak bola internasional, Argentina diyakini mampu mengemban tanggung jawab tersebut. 

Baca Juga: 

Peluang Argentina bisa semakin menguat mengingat salah satu pesaing, Peru, meragukan dari segi finansial. Mereka bahkan dikabarkan mundur dari tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 lantaran ingin fokus pada pembenahan kawasan dan pemberian bantuan pascabencana banjir. Adapun Qatar yang disebut-sebut menjadi alternatif tuan rumah Piala Dunia U-20 belum tampak melakukan pergerakan. 

Sementara itu, Pelatih Timnas Israel, Ofir Haim, mengaku tak mempermasalahkan lokasi venue Piala Dunia U-20 2023. “Di mana pun digelar, kami akan datang untuk mewakili negara dengan terhormat,” ujar Haim menanggapi dicoretnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Lebih lanjut, Haim mengaku mendukung Argentina menjadi tuan rumah baru turnamen tersebut. “Jika saya memiliki pilihan, Argentina adalah negara yang sangat ingin saya pilih. Saya tidak tahu apakah tanpa sepak bola saya akan bisa sampai ke sana,” ujar Haim.

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 30 Mar 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories