Ingin Menjadi Lebih Percaya Diri? Abaikan Hal-hal Ini

Stop Meragukan Diri Anda! Jangan Percayai 4 Mitos Ini (Good Housekeeping)

MAKASSARINSIGHT.com - Ketika Anda terus gagal dalam melakukan sesuatu, wajar untuk merasa ragu dengan diri Anda sendiri. Namun percayakah Anda bahwa Anda bisa menghilangkan keraguan itu dan menemukan kepercayaan diri Anda kembali dalam waktu singkat?

Berikut adalah 5 mitos yang kerap diyakini tetang kepercayaan diri:

1. Rasa percaya diri hanya muncul untuk orang-orang berbakat

Memang beberapa orang secara alami lebih berbakat dalam beberapa hal daripada yang lain: ada yang berbakat olah raga, menyanyi, menari dan lain sebagainya.

Baca Juga: 

Memang benar ada bakat alami yang kita miliki. Namun, tidak serta merta orang yang berbakat otomatis memiliki kepercayaan diri. Jadi jika Anda merasa kurang berbakat, cobalah untuk memanfaatkan keterampilan lain yang memang Anda miliki. Percayalah bahwa kita semua diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

2. Orang yang percaya diri dapat menghadapi situasi yang menantang tanpa perlu berusaha

Salah, jika Anda memiliki seorang teman yang memiliki rasa percaya diri yang baik cobalah tanyakan padanya bagaimana mereka bisa menghadapi situasi yang menantang dengan percaya diri.

Ketika menghadapi tantangan yang tidak terduga, orang yang percaya diri akan mempersiapkan diri dengan baik sebelum bertindak. Mereka cenderung tidak langsung melakukan sesuatu tanpa memikirkannya. Artinya, mereka tetap menciptakan waktu bagi diri mereka sendiri untuk berpikir.


3. Harus cantik, tampan, dan terkenal untuk percaya diri

Penampilan fisik Anda seharusnya tidak mengganggu tingkat kepercayaan diri Anda. Cobalah untuk memikirkan orang-orang yang Anda kenal yang menurut Anda percaya diri. Tidak semuanya cantik dan tampan kan? Mungkin salah satu dari mereka iya tapi tentu tidak semuanya.

Karena kunci kepercayaan diri bukan pada penampilan fisik Anda tetapi bagaimana perasaan yang ada di dalam diri Anda.

Baca Juga: 

4. Orang yang percaya diri tidak mengkhawatirkan penampilan dan suara mereka

Orang yang percaya diri tahu persis bagaimana seharusnya penampilan dan suara mereka terlihat oleh orang lain. Mereka telah melakukan beragam percobaan dan mungkin menghilangkan kebiasaan mengganggu untuk terlihat percaya diri.

Memahami bagaimana penampilan dan suara Anda bagi orang lain sangat penting untuk mengatasi keraguan diri Anda.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 12 Feb 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories