Ikuti Tips Ini untuk Menjaga Kondisi Keuangan Anda Tetap Sehat di Tahun Kelinci Air

Tahun Kelinci Air (Canva.com)

MAKASSARINSIGHT.com - Tahun Baru Imlek 2023 sudah dekat. Berdasarkan kalender masyarakat Tionghoa, tahun ini disebut sebagai Tahun Kelinci Air. Kelinci, oleh masyarakat Tionghoa, dianggap sebagai hewan yang melambangkan kesejahteraan dan harapan serta kesuksesan. Selain itu, air melambangkan suatu proses pemulihan.

Maka dari itu, Tahun Kelinci Air dapat diartikan sebagai tahun yang penuh akan harapan, kesejahteraan, kesuksesan serta tahun pemulihan dari situasi yang sebelumnya kurang baik. Sesuai dengan hal tersebut, tahun ini menjadi tahun yang cocok nih untuk memulihkan diri, tidak hanya secara fisik tapi juga secara finansial dengan harapan kita bisa menjadi financially fit di Tahun 2023.

Guna menggapai hal tersebut, hal sederhana yang dapat kita lakukan salah satunya adalah dengan menabung. Yuk, kita intip beberapa tips menabung agar bisa menjadi financially fit di Tahun Kelinci Air!

1. Tentukan Tujuanmu

Saat melakukan sesuatu, kita pastinya harus menentukan apa yang menjadi tujuan kita. Tujuan ini pun juga harus sesuai dengan pribadi kita masing-masing karena kebutuhan kita yang pastinya berbeda-beda. 

Baca Juga: 

Misalkan, tujuan menabung kamu adalah berlibur dan dana yang diperlukan untuk liburan tersebut adalah 10 juta. Nah, dengan adanya tujuan serta target yang jelas seperti ini barulah strategi menabung dapat dirancang. Kamu juga bisa membuat catatan yang merincikan pendapatan serta pengeluaranmu dan menuliskan detail prosedur menabung, termasuk jangka waktunya.

2. Tentukan Frekuensi Menabung

Berkaitan dengan tips yang pertama, untuk memastikan target menabungmu dapat terkumpul dalam jangka waktu yang telah ditentukan, kamu harus menentukan frekuensi menabung yang disesuaikan dengan kemampuanmu. 

Misal, dana 10 juta yang akan kamu simpan untuk berlibur harus bisa kamu capai dalam waktu 6 bulan. Maka, frekuensi menabungmu adalah sekitar 1.7 juta setiap bulannya agar target ini bisa tercapai.

3. Pisahkan Rekening Tabunganmu dengan Rekening Kebutuhanmu

Langkah selanjutnya yang mungkin terlihat sepele adalah membuat rekening khusus menabung. Memisahkan uang dalam satu rekening khusus akan sangat membantumu dalam mengalokasikan uang mana yang akan dipakai untuk sehari-hari dan uang mana yang tidak boleh diganggu. 

Rekening yang terpisah juga akan menutup adanya kemungkinan uang tabungan dipakai secara tidak sengaja. Siapa nih yang terkadang menggunakan uang tabungannya karena tergiur akan diskon saat berbelanja? Pasti banyak dari kita yang pernah mengalaminya. Maka dari itu, untuk menghidari hal ini, membuat rekening khusus akan sangat membantumu untuk menghindari pengeluaran yang tidak direncanakan dan mengganggu proses menabung yang sudah direncanakan dari awal.

4. Pastikan Uang Tabunganmu Bebas dari Gangguan

Saat kita sedang menabung dalam waktu yang tidak sebentar, tentu saja akan ada berbagai kondisi yang terkadang menggoda kita untuk mengambil sedikit uang tabungan untuk kebutuhan lain. Hati-hati agar tidak tergoda di tengah jalan ya!

Sama seperti istilah sedikit demi sedikit menjadi bukit, uang tabungan yang kamu sedikit-sedikit ambil lama-lama juga akan membukit dan akhirnya membuatmu gagal dalam menggapai apa yang menjadi tujuanmu. 

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memastikan tabunganmu tidak tergganggu adalah dengan membuat tabungan atau budget yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Misal, selain kamu menabung untuk liburan kamu juga bisa mengalokasikan dana yang akan kamu simpan untuk kebutuhan sehari-harimu dan keinginanmu.

5. Konsisten

Nah, tentu saja konsistensi memegang peran yang penting banget nih dalam proses menabung. Tanpa konsistensi, kamu tidak mungkin bisa menggapai target sesuai dengan rencana yang telah kamu bentuk.

Frekuensi menabung yang tadi direncanakan hanya bisa dijalankan jika kamu memiliki konsistensi yang kuat sehingga tiap bulannya dana sebesar 1.7 juta tersebut masuk secara rutin ke dalam rekening tabunganmu.

6. Cobalah untuk Membatasi Keinginanmu

Selain butuh konsistensi butuh untuk lebih ‘Kritikal’ dalam bebelanja. Untuk itu ketika ingin beli coba tanyakan diri sendiri sebeberapa penting barang tersebut.  Dengan membiasakan hal ini, secara langsung kami membiasakan diri lebih disiplin dalam berbelanja.  Tentu saja bukan berarti kamu tidak boleh membeli barang-barang mahal atau branded untuk menjadi financially fit karena membeli barang branded dapat dilakukan  sebagai self -reward yang di rencanakan – tidak impulsif- 

Baca Juga: 

7. Memulai Investasi

Tips selanjutnya adalah memulai investasi. Seringkali saat mendengar investasi yang kita bayangkan adalah dibutuhkannya modal yang besar. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar loh.  Investasi bisa kamu mulai bahkan hanya dengan memanfaatkan sisa dari uang jajanmu. Misalnya kamu mengurangi uang jajan untuk  membeli kopi, boba sebesar Rp. 20 ribu dengan berinvestasi.  Saat ini sudah tersedia produk investasi Rp 20 ribu loh!

8. Mencari Sumber Pendapatan lain

Tips terakhir yang bisa membantumu dalam menabung adalah memperbanyak sumber pendapatanmu. Target yang kamu miliki bisa dicapai dalam waktu yang lebih singkat kalau kamu memiliki sumber pendapatan lain.

Sumber pendapatan lain ini bisa berasal dari pekerjaan atau usaha sampingan. Jadi, bisa saja kamu menggunakan pendapatan utamamu untuk kebutuhan sehari-hari dan penghasilan tambahanmu disimpan sebagai tabungan atau modal berinvestasi.

Itulah 8  tips yang bisa kamu jalani untuk menjadi financially fit di Tahun Kelinci Air yang identik dengan kesuksesan serta kesejahteraan ini! Kamu juga bisa mendapatkan tips lain melalui www.ruangmenyala.com serta memulai langkah investasimu hanya dengan Rp 20,000. Yuk, jadikan financially fit sebagai bagian dari resolusimu di tahun ini! 

Tulisan ini telah tayang di jogjaaja.com oleh Tyo S pada 19 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories