Apa Itu Biogas? Ini Penjelasannya

Ilustrasi biogas (freepik.com)

MAKASSARINSIGHT.com — Pertambahan jumlah penduduk masif yang tidak diimbangi ketersediaan sumber daya belakangan memicu krisis energi. Ketergantungan terhadap energi fosil, termasuk di Indonesia, pun masih cukup tinggi. 

Namun adanya inisiasi penciptaan energi baru dan terbarukan seperti energi biogas menjadi harapan untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi tak terbarukan. Pengembangan limbah organik menjadi biogas bahkan menjadi alternatif untuk mendukung tercapainya bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025.

Lalu apa itu energi biogas dan bagaimana pemanfaatannya? Merujuk laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, biogas adalah sumber energi terbarukan yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan bermotor, memasak (sebagai pengganti minyak tanah) hingga pembangkit energi listrik. 

Energi biogas bersifat ramah lingkungan karena berasal dari beragam limbah organik, kotoran hewan ternak hingga kotoran manusia. Sumber biogas yang utama biasanya adalah kotoran ternak. Biogas memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari meski saat ini belum tereksplorasi maksimal. Berikut sejumlah kegunaannya:

-Penghasil Pupuk Organik

Biogas dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Anda dapat mengolahnya sendiri dari bahan organik atau kotoran ternak di sekitar Anda. 

-Pengganti Elpiji

Biogas bisa sangat bermanfaat dan ramah lingkungan bagi rumah tangga karena dapat menggantikan elpiji untuk menyalakan kompor. Biayanya juga lebih terjangkau. 

-Biogas untuk Pembangkit Listrik

Salah satu alternatif mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil adalah penyediaan energi listrik. Biogas dapat menjadi pendukung untuk mewujudkan ketersediaan listrik masyarakat dengan harga terjangkau. 

-Menurunkan Emisi Gas Karbon

Biogas berkontribusi menurunkan emisi gas karbon karena berasal dari pengolahan limbah. Ini meneguhkan biogas sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan.

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 19 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories