Harus Bimbingan Orangtua, 4 Animasi Ini Tidak Baik Dilihat Anak-anak

The Simpson (unsplash.com/@stefangrage)

MAKASARINSIGHT.com - Tidak selamanya animasi baik film atau serial cocok dilihat untuk anak-anak. Animasi yang erat hubungannya dengan kelucuan, nasihat baik, dan pesan positif tidak akan kamu temui pada sejumlah animasi yang akan diulas pada tulisan ini.

Pasalnya  ada animasi yang dikhususkan untuk hiburan orang dewasa. Animas tersebut biasanya memiliki konten eksplisit, kekerasan, dan hal-hal lainnya yang tidak boleh dilihat oleh anak-anak. Sebagai orang tua, anda harus mengawasi tontonan anak anda agar terhindar dari tontonan yang tidak mendidik.

Apa saja animasi tersebut?

1. Family Guy

Sebuah serial animasi komedi besutan Fox Broadcasting Company. Serial ini berpusat pada keluarga Griffin yang beranggotakan Peter Griffin, Lois Griffin, Meg Griffin, Chris Griffin, Stewie Griffin, dan seekor anjing yang bisa bicara bernama Brian Griffin.

Animasi ini kaya akan bercandaan dewasa, seks, rasisme, kekerasan, dan menampilkan keluarga yang disfungsional. Seorang ayah yang bertindak seenaknya pada anak dan istrinya, Stewie yang membenci ibunya bahkan ingin membunuhnya, dan anjing yang tertarik secara seksual pada Lois. 

Baca Juga: 

2. The Simpson

Sebuah serial animasi komedi yang berpusat pada kehidupan keluarga Simpson, yang terdiri dari Homer, Marge, Bart, Lisa, dan Maggie, di kota Springfield. 

Serial ini dikemas dengan banyak humor satir setiap episodenya dan menjadi salah satu program televisi terpanjang dalam sejarah. Namun, serial ini memiliki banyak adegan yang tidak seharusnya dilihat anak-anak apalagi berhubungan dengan kekerasan yang dilakukan Homer pada anaknya sendiri, Bart.

3. South Park

Serial animasi ini berkisah tentang kehidupan empat anak laki-laki, Stan, Kyle, Eric, dan Kenny, di kota fiksi South Park. Serial ini mengandung banyaknya humor yang kasar, vulgar, dan konten yang provokatif. 

Serial ini tidak cocok untuk ditonton oleh anak-anak karena mengandung bahasa kasar, kekerasan, referensi seksual, dan konten dewasa lainnya yang tidak sesuai dengan pemahaman dan sensitivitas anak-anak. Serial ini memang lebih ditujukan untuk penonton dewasa.

Baca Juga: 

4. The Cleveland Show

Merupakan spin-off dari serial animasi "Family Guy" yang bercerita tentang kehidupan seorang karakter bernama Cleveland Brown dan keluarganya. Walau memiliki gaya animasi yang mirip dengan "Family Guy", "The Cleveland Show" memiliki nada humor yang lebih dewasa dan konten yang lebih kasar.

Selain itu, serial ini mengandung referensi seksual, bahasa kasar, dan tema dewasa lainnya yang tidak cocok untuk anak-anak.

Itulah sejumlah serial animasi yang tidak cocok dilihat oleh anak-anak. Selalu awasi apa yang anak-anak lihat karena mereka belum mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Selain itu, anak-anak mudah untuk meniru apa yang mereka lihat. Tentu kita tidak mau anak kesayangan kita meniru hal yang tidak baik bukan?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 19 Jul 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories