Pertamina Bakal Pindahkan Kantor Pusat dari Jakarta ke Balikpapan

Ilustrasi Gedung Pertamina (https://ik.imagekit.io/tk6ir0e7mng/uploads/2022/03/1646274084692.jpeg?tr=w-995)

MAKASSRINSIGHT.com - PT Pertamina (Persero) berencana memindahkan kantor pusatnya dari DKI Jakarta ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Hal itu agar perusahaan pelat merah tersebut dapat lebih dekat dengan Ibu Kota Negara (IKN). 

Selain itu, pemindahan kantor pusat diharapkan mendukung pemerataan pembangunan serta menekan biaya sewa. Komisaris PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan bagian dari Pertamina yang hendak dipindah dalam tahap awal yakni PT Kilang Pertamina dan PT Pertamina Hulu Energi. "Ke depannya Jakarta hanya menjadi kantor perwakilan saja” ungkap Ahok, sapaan akrabnya, dikutip dari Antara, Kamis 12 Juli 2023. 

Hingga saat ini Pertamina telah memiliki sejumlah kantor yang berada di Pulau Kalimantan. Beberapa perusahaan tersebut meliputi PT Pertamina Hulu Mahakam, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur. Dari industri hilir migas ada PT Kilang Pertamina Balikpapan, Pertamina Gas (Pertagas), Pertamina Patra Niaga, hingga Pertamina Shipping.

Baca Juga: 

Pemnindahan kantor pusat diakui Ahok beban sewa dari kantor pusat di Jakarta. Kantor yang selama ini ditempati bukan merupakan aset dari Pertamina. Kantor tersebut memiliki luas 92 ribu meter persegi. “Nilai sewanya Rp328 miliar per-tahun. Jadi juga tidak murah” ungkap Basuki.

Lebih lanjut, rencana pemindahan ke Balikpapan diharapkan memiliki nilai strategis untuk pengembangan kawasan. Rencananya kantor pusat Pertamina bakal dibangun di pesisir Teluk Balikpapan. Selain kantor pusat, maskapai Pertamina yakni Pelita Air Service juga akan dipindah untuk menunjang operasional.

Lapangan Golf

Saat ini PT Pertamina tercatat memiliki beberapa aset yang berada di Balikpapan. Aset itu berupa kawasan perumahan dan apartemen. Kawasan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti lapangan tenis, lapangan basket, kolam renang, hingga lapangan golf.

Pertamina juga tercatat pernah memiliki sebuah stadion yang legendaris di kalangan para pendukung klub Persiba Balikpapan. Stadion bernama Parikesit ini juga sempat menjadi markas bagi klub bola tersebut. 

Namun sayangnya, bangunan ini sudah tinggal kenangan karena telah diruntuhkan. Lahan bekas stadion tersebut kini berdiri sebuah bengkel yang berfungsi untuk menunjang kegiatan kerja kilang baru yang dikelola Pertamina.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 12 Jul 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories