FOTO: Kuota Rumah Bersubsidi Tahun 2023 Sebanyak 230 Ribu Unit

Pembangunan rumah murah bersubsidi di kawasan Parung,Bogor Jawa Barat. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

MAKASSARINSIGHT.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan sebanyak 230 ribu unit rumah subsidi dengan total anggaran sebesar Rp30,38 triliun untuk 2023. 

Guyuran anggaran tersebut merupakan yang tertinggi dalam sejarah.Besaran tersebut akan disalurkan melalui program FLPP, SBUM, dan Tapera, termasuk untuk pembayaran SSB yang telah diterbitkan pada tahun sebelumnya.

Dana tersebut terdiri atas alokasi dana FLPP sebesar Rp25,18 triliun untuk memfasilitasi KPR FLPP sebanyak 220.000 unit rumah, dana Tapera sebesar Rp850 miliar untuk memfasilitasi KPR Tapera sebanyak10.000 unit, dana Subsidi Selisih Bunga (SSB) sebesar Rp3,64 triliun untuk sebanyak 754.004 unit, dan dana Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) sebesar Rp890 miliar untuk sebanyak 220.000 unit.

Baca Juga: 

Lebih lanjut kementerian juga mengatakan, tahun 2023 akan mengembangkan pembiayaan perumahan yang menyasar MBR informal melalui skema rent to own yang dikombinasikan dengan contractual saving housing.

Lalu masyarakat perkotaan yang diarahkan ke hunian vertikal dengan skema staircasing shared ownership (SSO), dan generasi milenial melalui skema KPR dengan jangka waktu lebih panjang yang disesuaikan dengan housing career. 
Foto: Panji Asmoro/TrenAsia

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Panji Asmoro pada 28 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories