Coba 5 Cara Ini untuk Tingkatkan Performa Smartphone Anda

Begini 5 Cara Mudah Tingkatkan Performa Smartphone Anda (Freepik.com/msgrowth)

MAKASSAINSIGHT.com - Smartphone atau ponsel adalah salah satu benda terpenting yang tidak bisa Anda tinggal begitu saja. Hal ini karena smartphone membantu Anda untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, mendukung produktivitas di tempat kerja, dan mendapatkan hiburan saat bepergian.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kinerja dari smartphone Anda dapat mulai melambat. Hal ini tentu bisa membuat frustasi, apalagi jika Anda memanfaatkan ponsel untuk mengerjakan tugas-tugas yang berat seperti bermain game atau mengedit video.

Namun, jangan khawatir. Anda bisa meningkatkan performa smartphone Anda dengan menerapkan beberapa tips sebagai berikut.

Baca Juga: 

Cara Meningkatkan Performa Smartphone atau Ponsel

Cara Meningkatkan Performa Smartphone atau Ponsel

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan performa kinerja ponsel Anda.

1. Restart Ponsel Secara Teratur

Cara ini mungkin tampak sepele, tapi seringkali hal ini adalah cara termudah untuk meningkatkan performa kinerja ponsel Anda. Ketika Anda restart ponsel, hal itu akan menghapus semua file atau proses sementara yang dapat memperlambat kinerja ponsel.

2. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika Anda tidak menggunakan aplikasi di ponsel secara aktif, aplikasi tersebut masih dapat berjalan di background ponsel dan menggunakan sumber daya. Anda bisa menutup aplikasi yang tidak digunakan, dengan cara membuka aplikasi ‘Settings’ ponsel Anda dan buka Apps. Ketuk setiap aplikasi yang tidak Anda gunakan, lalu tap Force Stop.

3. Bersihkan Cache dan Data Anda

Seiring waktu, cache dan data ponsel Anda dapat terisi dengan file yang tidak perlu. Cache dan data yang menumpuk ini dapat memperlambat ponsel Anda dan membuatnya berjalan kurang efisien. Untuk menghapus cache dan data Anda, buka aplikasi Settings di ponsel Anda dan buka Storage. Ketuk Cached Data lalu ketuk Clear Cache. Kemudian, ketuk Storage Used by Apps lalu ketuk setiap aplikasi yang ingin Anda hapus datanya.

4. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Jika Anda memiliki banyak aplikasi yang tidak digunakan, uninstall aplikasi tersebut untuk mengosongkan storage dan meningkatkan kinerja ponsel. Untuk melakukan uninstall aplikasi, buka aplikasi Settings ponsel Anda dan buka Apps. Ketuk aplikasi yang ingin Anda uninstall, lalu tap Uninstall.

Baca Juga: 

5. Perbarui Aplikasi di Ponsel

Pembaruan perangkat lunak dapat meningkatkan kinerja ponsel Anda, jadi penting untuk selalu memperbarui perangkat lunak ponsel Anda. Untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak, buka aplikasi Apps yang ada di ponsel Anda dan masuk ke System. Tap System Updates lalu periksa pembaruan yang tersedia.

Tidak hanya kelima tips di atas, Anda bisa meningkatkan performa smartphone Anda dengan melakukan cara sederhana sebagai berikut.

  1. Pertama, gunakan resolusi layar yang lebih rendah. Cara ini akan membantu Anda membebaskan sumber daya ponsel sekaligus meningkatkan kinerjanya.
  2. Matikan fitur yang tidak Anda gunakan, seperti Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth.
  3. Nonaktifkan fitur animasi. Fitur ini akan membuat ponsel Anda terasa lebih responsif tapi bisa menurunkan performa smartphone Anda.
  4. Jaga suhu agar ponsel Anda tetap dingin. Hal ini karena panas dapat memperlambat prosesor ponsel Anda.

Itu tadi beberapa tips atau cara mudah meningkatkan performa smartphone Anda. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 27 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories