Bekali Anak Anda dengan 3 Keterampilan Sosial Penting Berikut Sebelum Masuk Sekolah

Segera Masuk Sekolah, Bekali Anak Anda dengan 3 Keterampilan Sosial Penting Berikut (Pexels / Pixabay)

MAKASSAINSIGHT.com - Mempelajari keterampilan sosial adalah salah satu bagian penting dari proses perkembangan anak. Keterampilan sosial yang baik memungkinkan anak untuk berinteraksi secara positif dengan orang lain termasuk mengkomunikasikan kebutuhan, keinginan, dan perasaan mereka secara efektif. 

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa keterampilan sosial yang baik dapat mengurangi stres pada anak-anak yang berada di tempat penitipan anak. 

Beberapa keterampilan sosial cukup rumit untuk dipahami oleh anak-anak sehingga penting bagi Anda sebagai orang tua untuk membantu membekali keterampilan ini dengan latihan-latihan setiap harinya. 

Baca Juga: 

Berikut ini Tren Asia melansir dari laman website resmi Very Well Family pada Jum'at, 23 Juni 2023, 3 keterampilan sosial yang penting untuk dipelajari anak.

1.  Keterampilan Berbagi 

Keterampilan untuk berbagi makanan ringan atau mainan dapat sangat membantu anak-anak menjalin dan menjaga persahabatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Psychological Science menunjukkan bahwa anak-anak yang berusia 3 hingga 6 tahun sering bersikap egois dalam berbagi. 

Mereka mungkin enggan berbagi kue hingga mainan mereka. Namun, anak-anak ini menjadi mudah berbagi mainan ketika hal itu tidak lagi mereka minati. 

Cara Melatihnya

Memaksa anak untuk berbagi memang bukan cara yang baik, jadi cobalah untuk mencari cara lain seperti memberinya contoh. Puji anak ketika akhirnya mereka mau berbagi dan perhatikan juga bagaimana perasaan orang lain atas tindakan mereka.

Katakan sesuatu seperti, "Kamu memilih untuk berbagi makanan dengan temanmu, aku yakin dia merasa senang tentang itu. Good job". 

2. Keterampilan Mendengarkan 

Mendengarkan bukan hanya tentang diam, namun lebih kepada menyerap apa yang dikatakan oleh orang lain. Keterampilan mendengarkan merupakan komponen penting dari komunikasi yang sehat. Terlebih, ketika duduk di bangku sekolah, sebagian besar pembelajaran bergantung pada kemampuan anak untuk mendengarkan apa yang dikatakan guru. 

Selain membuat anak berkembang secara akademis, mendengarkan merupakan bagian penting dalam mengembangkan empati. Kemampuan mendengarkan bisa menjadi tantangan yang berat ketika kita hidup di era digital ini. Anak-anak menjadi lebih acuh terhadap percakapan di sekitar karena terlalu fokus dengan ponselnya. 

Cara Melatihnya

Saat membacakan buku untuk anak-anak Anda, hentikan bacaan Anda secara berkala dan minta mereka untuk menceritakan tentang apa yang telah Anda baca. Beri jeda dan katakan, "Ceritakan apa yang Anda ingat  tentang cerita ini". 

Dorong mereka untuk terus mendengarkan saat Anda melanjutkan pembacaan cerita, jangan biarkan mereka menyela orang lain saat sedang berbicara. 

3. Keterampilan Mengikuti Arahan 

Sebelum mengharapkan anak Anda mengikuti setiap arahan yang Anda berikan, pastikan bahwa Anda telah memberikan arahan yang baik dan menghindari beberapa kesalahan umum seperti:

- Memberikan banyak instruksi di waktu yang bersamaan seperti "Ambil sepatumu, simpan bukumu, dan cuci tanganmu."

- Memberikan ungkapan pertanyaan "Maukah Anda mengambil mainan itu sekarang?"

- Memarahi anak ketika melakukan kesalahan. 

Baca Juga: 

Cara Melatihnya 

Puju anak Anda karena mereka telah mengikuti arahan dengan mengatakan hal-hal seperti "Terima kasih telah mematikan TV saat pertama kali saya menyuruh Anda".

Jika anak Anda sulit mengikuti arahan, beri mereka kesempatan untuk berlatih mengikuti perintah sederhana seperti "Tolong berikan buku itu kepada saya" dan kemudian berikan pujian segera setelah mereka mengikuti arahan Anda. 

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 3 keterampilan sosial yang penting untuk dipelajari anak dan cara melatihnya. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 26 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories