Bisa Dicoba, Ini Makanan dan Miuman Ini Bisa Membantu Mengurangi Kecemasan

Makanan dan Miuman Ini Bisa Membantu Mengurangi Kecemasan (Unsplash)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Kecemasan dan stres adalah pengalaman emosional yang wajar dirasakan oleh manusia. 

Keduanya merupakan respons alami terhadap tekanan, perubahan, atau situasi yang dianggap menantang.

Sejumlah makanan dan minuman dapat memberikan dampak positif pada kesehatan mental dan membantu mengelola stres serta kecemasan. Meskipun makanan tidak bisa dianggap sebagai pengganti untuk pengobatan medis atau dukungan profesional, konsumsi makanan tertentu dapat memengaruhi suasana hati dan respons tubuh terhadap stres.

Baca Juga: 

Dikutip dari laman Health, makanan yang mengandung mineral, vitamin, dan antioksidan tertentu dapat membantu meringankan gejala kecemasan. 

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meredakan Stres dan Kecemasan

1. Telur 

Beberapa bukti penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kadar vitamin D dapat mengurangi dan meningkatkan gejala kecemasan dan depresi. Kuning telur diketahui mengandung vitamin D yang dapat membantu fungsi sistem saraf. 

2. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

1 ons kacang mede mentah diketahui mengandung 1,6 miligram zinc. Ini berarti sekitar 14% hingga 20% dari total zinc yang direkomenasikan untuk orang dewasa. 

Selain kacang mede, biji chia dan biji labu juga merupakan sumber magensium untuk tubuh yang bisa membantu memperbaiki gejala suasana hati dan kecemasan. 

3. Jeruk 

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C berperan dalam respon stres tubuh yaotu menurunkan tingkat stres dan dapat meningkatkan mood. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat memberikan dukungan terhadap sistem kekebalan tubuh, membantu melawan stres oksidatif, dan memainkan peran dalam produksi neurotransmitter seperti serotonin.

4. Teh Hijau 

Teh hijau diketahui mengandung theanine atau asam amino yang membantu menghilangkan stres, menghinduksi relaksasi dan bekerja melawan stres serta kecemasan. 

Baca Juga: 

5. Teh Chamomile 

Teh chamomile dapat membantu Anda rileks. Chamomile memiliki kandungan flavonoid yaitu antioksidan yang mungkin memiliki sifat anti-kecemasan. 

Penelitian menemukan bahwa penggunaan kamomil dalam jangka panjang selama beberapa minggu dapat mengurangi gejala gangguan kecemasan. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 02 Dec 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Tags Makanan Kesehatan Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories