Baju yang Dipakai Mahfud Daftar ke KPU Hari Ini, Ternyata Untuk Pilpres 2019

Momen saat Ganjar menyerahkan dokumen visi misi kepada KPU di Gedung KPU, Kamis 19 Oktober 2023 (Foto: Tangkapan layar Youtube KPU) (Foto: Tangkapan layar Youtube KPU)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis 19 Oktober 2023. Pasangan tersebut menjadi calon kedua yang mendaftarkan diri ke KPU usai Anies-Cak Imin telah lebih dulu mendaftar pada Kamis pagi.

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD secara simbolis menyerahkan berkas mereka kepada KPU sekira pukul 13.10 WIB. Pasangan tersebut juga menyerahkan visi-misi mereka berupa buku pop-up dan kode barcode kepada KPU. Tujuannya untuk mempermudah dalam memahami visi misi yang mereka bawa sebagai capres-cawapres.

Dalam mendaftarkan diri, keduanya didampingi oleh sederet pimpinan partai koalisi pendukung dari PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura hingga Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden Asrjad Rasjid. Usai mendaftarkan diri, Ganjar bersama Mahfud melakukan jumpa pers di depan Gedung KPU. 

Baca Juga: 

Mereka sama-sama menjelaskan makna dari baju yang dikenakan. “Tidak pernah abu-abu,” jawab Ganjar saat ditanya soal mengapa memilih baju hitam dan putih yang dikenakan pasangan tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Mahfud MD turut berbicara soal baju putih yang dikenakannya. 

Usut punya usut, kemeja itu ternyata punya kisah mendalam. Pakaian itu dipakainya saat hendak mendaftar mendampingi Joko Widodo sebagai cawapres di Pilpres 2019. Namun yang dipinang Jokowi malah Ma'ruf Amin di detik-detik terakhir.

“Baju yang saya pakai ini saya persiapkan lima tahun lalu untuk mendaftar di KPU, namun tidak jadi,” ujar Mahfud, dipantau dari siaran langsung Youtube KPU, Kamis 19 Oktober 2023. “Akhirnya baju tersebut kini saya pakai," ujar Mahfud. 

Sebelum mendaftar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD terlebih dahulu melakukan orasi dan menyapa para relawan pendukungnya di Tugu Proklamasi. Dalam orasi tersebut, Ganjar bersama dengan Mahfud MD menyatakan kesanggupannya menjalankan berbagai tugas dan pekerjaan sebagai pemimpin negara kelak. 

“Bismillahirrahmanirrahim, saya bersama pak Mahfud akan menjalankan tugas itu,” ucap Ganjar. Pasangan tersebut menuju KPU dengan menggunakan mobil pickup. Berdasarkan pantauan Trenasia melalui siaran langsung saluran Youtube resmi PDI Perjuangan, pickup tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa.

Baca Juga: 

Pada bagian bak belakang telah diganti dengan dekorasi membentuk rumah yang lengkap dengan atapnya. Bagian luarnya terdapat hiasan merah putih yang menyelimuti. Di atas kendaraan tersebut nampak Ganjar Pranowo dan Mahfud MD beserta Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua TPN Arsjad Rasjid. 

Mereka tampak menyapa para relawan dan pendukung yang mengerumuninya.  Pasangan tersebut sebelumnya juga telah melakukan iring-iringan menuju KPU dari Tugu Proklamasi. Mereka bergerak menuju daerah Suropati untuk bertemu dengan pendukung dan relawan. Baru setelahnya Ganjar-Mahfud menuju KPU untuk mendaftar capres-cawapres. 

Sebelumnya, DPP PDI Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) itu dinilai sosok yang tepat karena sarat pengalaman di pemerintahan. 

Pengumuman tersebut disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober 2023. “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Mahfud MD,” ujar Mega, dikutip dari Antara. 

Pengumuman Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar digelar sehari sebelum pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis, 19 Oktober 2023. Masa pendaftaran capres dan cawapres dibuka pada 19-25 Oktober 2023. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 19 Oct 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories