Ganjar–Mahfud Bakal Naik Eks Mobil Presiden Soekarno Saat Daftar ke KPU

Eks mobil dinas Presiden Soekarno yang hendak dipakai Ganjar Pranowo - Mahfud MD menuju KPU, Kamis 19 Oktober 2023 (Foto: Antara/ Uyu Septiani Liman) (Foto: Antara/ Uyu Septiani Liman)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Pasangan calon presiden (capres) – calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis 19 Oktober 2023. Berbeda dengan Anies–Cak Imin yang memakai mobil jip, Ganjar–Mahfud punya cara unik untuk menuju KPU. Pasangan itu memilih menggunakan eks mobil dinas Presiden Soekarno. 

Mobil tersebut diketahui telah terparkir di Tugu Proklamasi sebagai titik awal keberangkatan. Mobil bertipe Cadillac Fleetwood 75 Limosin itu terlihat masih dalam kondisi kinclong. Bodi mobil masih utuh dan cukup mengkilap. Terdapat bendera merah putih yang dipasang di bagian depan mobil. 

Nantinya Ganjar dan Mahfud MD akan menumpangi eks kendaraan dinas presiden pertama tersebut dalam iring-iringan menuju KPU. Pasangan tersebut akan memulai iring-iringan menuju KPU dari Tugu Proklamasi.

Setelah itu akan bergerak menuju daerah Suropati untuk bertemu dengan pendukung dan relawan. Baru setelahnya Ganjar – Mahfud akan menuju KPU untuk mendaftar capres – cawapres. Sesuai jadwal, mereka akan mendaftarkan diri pada pukul 11.00 WIB.

Baca Juga: 

Sebelumnya, DPP PDI Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) itu dinilai sosok yang tepat karena sarat pengalaman di pemerintahan. 

Pengumuman tersebut disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober 2023. “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Mahfud MD,” ujar Mega, dikutip dari Antara. 

Pengumuman itu langsung disambut selawatan para hadirin. Saat deklarasi, Megawati didampingi para pimpinan partai koalisi seperti Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang. 

Baca Juga: 

Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar digelar sehari sebelum pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis, 19 Oktober 2023. Masa pendaftaran capres dan cawapres dibuka pada 19-25 Oktober 2023. 

Adapun Ganjar Pranowo dideklarasikan menjadi capres sejak 21 April 2023 lalu. Partai PDIP sebagai pengusungnya melakukan deklarasi di Istana Batu Tulis. Saat pendeklarasian tersebut, Ganjar mengaku siap menerima tugas dan mandat yang diberikan padanya. “Insya Allah kami akan melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Ganjar dalam sambutannya, 21 April 2023.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 19 Oct 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories