Anies-Cak Imin Jadi Pasangan Capres-Cawapres Pertama yang Daftar KPU

Capres Anies Baswedan saat memberikan sambutan di Kantor DPP PKS, Kamis 19 Oktober 2023 (Foto: Antara/ Hendri Sukma Indrawan) (Foto: Antara/ Hendri Sukma Indrawan)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Pasangan calon presiden (capres) – calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis 19 Oktober 2023. Pasangan tersebut menjadi yang pertama mendaftar ke KPU. 

Hal itu dilakukan seiring dibukanya pendaftaran capres – cawapres oleh KPU mulai tanggal 19 hingga 25 Oktober mendatang. Sebelum mendaftar ke KPU, pasangan Anies–Cak Imin terlebih dahulu melaksanakan salat Subuh berjamaah dengan keluarga mereka. Usai salat Subuh, keduanya lantas meminta restu kepada ibu mereka masing–masing dengan sungkeman mencium kakinya.

Usai melakukan prosesi tersebut, Anies – Cak Imin lantas melakukan safari politik dengan mengunjungi markas dari tiga partai politik pengusungnya meliputi PKS, PKB, dan NasDem. Dalam kegiatan tersebut, Anies – Cak Imin tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan berpeci hitam. 

Baca Juga: 

“Ya simpel, praktis, dan semangat kerja,” ujar Cak Imin singkat soal alasan memakai pakaian tersebut, Kamis 19 Oktober 2023. Saat tiba di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai PKS, Cak Imin memohon doa kepada seluruh ulama dan kiai serta seluruh bangsa Indonesia.

Dalam sambutannya di DPP PKS, Cak Imin menyebut jika pencalonannya merupakan bentuk pengabdian. “Pertama pengabdian kepada Allah SWT. Yang kedua pengabdian kepada rakyat,” ujar Cak Imin. Usai dari DPP PKS, pasangan capres – cawapres itu melanjutkan perjalanannya ke kantor DPP PKB. 

Di sana keduanya disambut dengan lantunan selawat. Mereka juga didoakan oleh para kiai yang hadir serta diberikan hadiah lantunan azan oleh empat orang. Terakhir mereka mendatangi kantor DPP NasDem sebelum kemudian menuju KPU untuk melakukan pendaftarann capres – cawapres. 

Baca Juga: 

Keduanya tiba dengan disambut riuh oleh para pendukungnya. Usai bertemu dengan elit partai, AniesCak Imin langsung menuju KPU dengan konvoi menggunakan mobil jip yang telah disiapkan. Di belakang mobil jip yang ditumpangi Anies – Cak Imin terdapat para pimpinan partai koalisi yang menumpang kendaraan dengan jenis sama.

Riuhnya pendukung capres – cawapres tersebut juga terlihat di sekitaran kantor KPU. Para pendukungnya telah menunggu sembari bersalawat. Mereka juga nampak membawa atribut bertuliskan Anies – Cak Imin. Di lokasi tersebut nampak diramaikan dengan adanya tampilan Reog Ponorogo yang turut memeriahkan suasana.

Selalu Jadi yang Pertama

Selain menjadi pasangan capres – cawapres pertama yang mendaftarkan diri ke KPU, Anies – Cak Imin juga menjadi pasangan pertama yang mendeklarasikan diri. Keduanya mendeklarasikan diri sebagai pasangan pada 2 September 2023 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur. 

Selain itu, Anies Baswedan sendiri telah dideklarasikan oleh partai koalisinya menjadi bakal capres sejak 24 Maret 2023 lalu. Hadirnya pasangan Anies – Cak Imin menjadi kejutan yang tidak terprediksi dalam pilpres 2024 mendatang.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 19 Oct 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories