Baca!!! Ini 7 Cara Ponsel Membuat Hidup Anda Jadi Lebih Buruk

Bukan Memudahkan, Inilah 7 Cara Ponsel Membuat Hidup Anda Jadi Lebih Buruk (Freepik.com/wayhomestudio)

MAKASSARINSIGHT.com - Kemajuan teknologi dengan adanya ponsel atau smartphone memang tidak dipungkiri dapat memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Kita dapat dengan mudah memesan makanan, membayar tagihan, memesan taksi atau ojek hanya dengan smartphone.

Namun ternyata, menggunakan smartphone juga harus dengan cermat atau bijak. Jika tidak, bisa jadi smartphone justru akan membuat hidup Anda jadi lebih buruk dengan 7 cara berikut ini.

Baca Juga: 

7 Cara Ponsel Membuat Hidup Anda Jadi Lebih Buruk

7 Cara Ponsel Membuat Hidup Anda Jadi Lebih Buruk

1. Menimbulkan masalah pada tidur

Penelitian telah menemukan bahwa menggunakan smartphone sebelum tidur justru akan membuat Anda jadi sulit tidur karena paparan bluelight. Tidak hanya paparan bluelight, konten dari media sosial juga dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

2. Berpengaruh negatif terhadap pengasuhan anak

Penelitian menunjukkan bahwa ketika orangtua menggunakan smartphone saat bersama anak-anak, mereka sebetulnya tidak hadir sepenuhnya yang dapat menyebabkan sejumlah masalah emosional pada anak-anak. Anak-anak perlu merasa dicintai oleh orang tuanya, jika tidak maka mereka akan merasa diabaikan secara emosional. 

3. Menggantikan komunikasi langsung

Sekarang ini beberapa orang lebih memilih untuk melakukan diskusi secara mendalam atau berpendapat melalui pesan yang dikirim lewat ponsel dariapda secara langsung. Tidak jarang, ada juga yang mengakhiri hubungan hingga berdebat sengit melalui ponsel.

Padahal diskusi yang dilakukan tidak secara langsung dapat menimbulkan kesalahpahaman yang akhirnya justru dapat menimbulkan renggangnya hubungan atau persahabatan.

4. Orang-orang berharap kita selalu online setiap saat

Di era smartphone ini, orang-orang sering berharap kita terhubung secara digital selama hari dan 24 jam, terutama dengan adanya media sosial. Namun, hal ini sebetulnya tidak realistis dan dapat menimbulkan masalah jika hanya ada satu pihak yang bersedia 24 jam dan 7 hari serta pihak lainnya tidak.

5. Beberapa orang tergila-gila dengan jumlah likes di media sosial

Anda mungkin pernah mendengar atau mengenal seseorang yang suka membual soal berapa banyak likes yang mereka terima di postingan media sosial. Hal ini adalah suatu pertanda bahwa adanya smartphone dengan media sosial dapat membuat kita cenderung membandingkan diri sendiri dan orang lain di platform media sosial, bahkan menaruh harga diri kita hanya pada likes di media sosial. 

6. Mendorong FOMO

Sangat mudah untuk terjebak dalam marketing FOMO ketika Anda melihat sebuah iklan atau foto di media sosial. Efek ini semakin diperbesar dengan adanya media sosial dan banyaknya orang-orang yang tampak mengikuti atau melakukan sesuatu yang sebetulnya tidak kita butuhkan.

7. Tidak bagus untuk otak

Seperti yang dilansir dari laman Insider, smartphone dapat mendorong kemalasan mental. Selain itu, terbiasa menggunakan smartphone juga dapat memperlambat proses berpikir Anda.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa cara smartphone memperburuk kualitas hidup Anda.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 08 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories