Ini 3 Cara Sederhana Mengatasi Kecanduan Ponsel, Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Berbahaya untuk Kesehatan Mental, Ini 3 Cara Sederhana Mengatasi Kecanduan Ponsel (Freepik.com)

MAKASSARINSIGHT.com - Ponsel atau smartphone adalah salah satu perangkat yang seolah tidak pernah lepas dari tangan. Hal ini karena smartphone atau ponsel sekarang menjadi barang pribadi yang harus selalu ada karena memudahkan aktivitas sehari-hari.

Namun sayangnya, ketergantungan ini dapat berkembang menjadi kecanduan yang dapat membahayakan kehidupan sosial, pekerjaan, hingga kesehatan mental dan fisik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi kecanduan ponsel, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Baca Juga: 

Cara Mengatasi Kecanduan Ponsel

Cara Mengatasi Kecanduan Ponsel

1. Tetapkan tujuan

Setelah Anda mengetahui masalah kecanduan ponsel, Anda bisa menetapkan tujuan dan batasan penggunaan ponsel. Anda bisa mencoba mengetahui berapa banyak waktu yang Anda habiskan di ponsel dan aplikasi apa yang paling sering Anda gunakan. Kemudian, buat sasaran dan batasan dalam setiap penggunaan ponsel Anda.

2. Prioritaskan interaksi di kehidupan nyata

Kecanduan ponsel dapat menyebabkan kurangnya interaksi kehidupan nyata dan menimbulkan isolasi sosial. Oleh karena itu, penting untuk memprioritaskan interaksi di kehidupan nyata bersama dengan teman, keluarga, dan kolega daripada hanya sibuk menjalin pertemanan di dunia maya.

3. Matikan notifikasi

Notifikasi atau pemberitahuan dapat menjadi sumber distraksi yang memicu kecanduan ponsel. Oleh karena itu, sebaiknya matikan notifikasi untuk aplikasi yang tidak penting atau matikan ponsel Anda selama menghadiri rapat penting atau acara sosial.

Baca Juga: 

Itu tadi cara sederhana yang bisa mulai Anda terapkan untuk mengatasi adanya kecanduan ponsel. Selamat mencoba.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 03 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories