Apakah Anda Tahu Kenapa Kuda Tidur Sambil Berdiri? Ini Alasannya

Kuda jarang tidur dengan berbaring meski tetap membutuhkan kondisi tersebut (Wikipedia)

MAKASSARINSIGHT.com - Mungkin banyak yang belum tahu, kuda  sangat jarang tidur sambil berbaring. Lalu mengapa mamalia ini tidur sambil berdiri?

Jawabannya adalah untuk bertahan hidup. Kuda tidur sambil berdiri untuk menyeimbangkan kebutuhan mereka akan tidur melawan ancaman pemangsa yang terus membayangi.

Kuda berasal dari barisan panjang hewan pemangsa di keluarga Equidae, dan tidur di atas kukunya merupakan adaptasi melawan predasi. "Berdiri memberi mereka lompatan literal pada predator dan kesempatan yang lebih baik untuk melarikan diri daripada jika mereka [berbaring]," kata Karen Waite, spesialis kuda di Michigan State University, kepada Live Science.

Sederhananya, kuda adalah hewan besar, dan butuh waktu serta energi bagi mereka untuk bangkit dari tanah. Oleh karena itu, kuda yang berdiri jauh lebih mampu melarikan diri saat dibangunkan dari tidurnya. 

Baca Juga: 

Menurut BBC Science Focus, hal yang sama berlaku untuk herbivora mangsa besar lainnya, seperti zebra, bison, gajah, dan jerapah. Mereka  semuanya mampu tidur dengan berdiri.

Kuda memiliki ciri-ciri anatomis khusus yang memungkinkan mereka untuk tetap berdiri sambil tidur. Fitur-fitur yang dikenal sebagai "stay apparatus" ini mencakup serangkaian tendon dan ligamen - jaringan lunak yang masing-masing menghubungkan otot ke tulang, dan tulang ke tulang. Menurut  Waite serangkaian tendon dan ligament ini  membentang di kedua kaki depan dan kaki belakang. 

Saat kuda mengendurkan otot kakinya, ligamen dan tendon alat penahan bertindak sebagai pita tegangan yang menstabilkan sendi bahu, lutut, dan pergelangan kaki di kaki. Ini memungkinkan kuda untuk tetap berdiri tanpa harus mempertahankan banyak ketegangan pada ototnya.

Tapi meski kebanyakan kuda tidur sambil berdiri, mereka perlu berbaring untuk tidur yang lebih memulihkan.  "Kuda akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur sambil berdiri, tetapi mereka tidak benar-benar mencapai tidur REM penuh saat mereka berdiri," kata Sarah Matlock, instruktur senior perilaku kuda di Colorado State University, kepada Live Science. 

Tidur rapid eye movement  (REM) pada manusia  terjadi ketika mata  yang tidur bergerak cepat di bawah kelopak mata tertutup. Dalam situasi ini  - mimpi dapat terjadi, sehingga otot menjadi lumpuh sementara. 

Selama tidur REM, otak juga mengkonsolidasikan dan memproses informasi baru untuk ingatan jangka panjang. Orang yang tidak cukup tidur REM mungkin mengalami masalah dengan konsentrasi mental dan pengaturan suasana hati, sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan pertumbuhan sel yang lebih sedikit.

Baca Juga: 

Kuda dewasa sering kali hanya bisa tidur selama 5 jam per hari, dan mereka bisa mendapatkan sebagian besar waktu tidur sambil berdiri. Dan  meski kuda berdiri dapat mencapai "gelombang lambat," atau tidur nyenyak, tanpa mimpi, tetapi kuda yang cukup istirahat membutuhkan setidaknya 25 menit tidur REM per hari. Dan ini menurut Matlock  yang hanya dapat terjadi saat berbaring.

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 13 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories