Apakah Anda Dimanfaatkan oleh Orang Lain? Baca Ciri-cirinya

Apakah Anda Dimanfaatkan oleh Orang Lain? (Pexels)

MAKASSARINSIGHT.com - Pernahkah Anda berada dalam suatu kondisi dimana seseorang memanfaatkan Anda? atau mungkin Anda bingung apakah seseorang tengah memanfaatkan Anda?

Dilansir oleh Tren Asia dari laman website resmi Very Well Mind pada Rabu, 14 Juni 2023, Meghan Marcum, PsyD seorang psikolog di AMFM Healthcare mengatakan bahwa ketika seseorang merasa dimanfaatkan oleh orang lain biasanya itu artinya seseorang merasa hak mereka diambil seseorang mengambil keuntungan dari mereka.

"Dalam beberapa kasus, seseorang yang dimanfaatkan mungkin tidak menyadari dan mengenali polanya terutama ketika awal-awal dimanfaatkan. Namun seiring berjalannya waktu, mereka akan sangat sadar bahwa mereka telah dimanipulasi untuk keuntungan orang lain" lanjut Marcum.

Baca Juga: 

Kabar baiknya, seseorang yang dibesarkan dalam keluarga yang positif kemungkinan akan lebih asertif dalam berhubungan. Sehingga, kecil kemungkinannya mereka akan dimanfaatkan.

Tanda-Tanda Seseorang Memanfaatkan Anda

Lebih lanjut, Marcum menyebutkan 5 tanda Anda sedang dimanfaatkan oleh orang lain.

Dalam beberapa kasus, perilaku memanfaatkan ini muncul secara halus sehingga akan membuat sang korban kesulitan untuk menyadarinya.

1. Orang Tersebut Meminta Uang, Bantuan, atau Barang Lainnya

Apakah Anda pernah menemukan diri Anda diminta seseorang untuk meminjamkan uang atau bahkan membayar tagihan mereka?

2. Orang Tersebut Membebani Anda Tanpa Memperdulikan Anda

Contohnya adalah ketika Anda tinggal bersama seseorang. Tiba-tiba ia ingin meminjam kendaraan pribadi Anda seperti mobil dan ia menuntut Anda harus meminjaminya tanpa benar-benar memperdulikan apakah Anda akan menggunakan mobil tersebut.

3. Orang Tersebut Mengharapkan Anda untuk Mengurus Kebutuhannya

Misalnya ketika Anda dan ia pergi makan malam bersama, mereka akan mengharapkan Anda untuk membayar semua tagihan makanan.

4. Orang Tersebut Tampak Tidak Tertarik pada Anda Setelah Kebutuhannya Terpenuhi

Mereka mungkin hanya ingin bersama Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka, tetapi sebaliknya mereka menjadi tidak ingin menghabiskan waktu bersama Anda setelah apa yang mereka inginkan terlah tercapai.

5. Mereka Tidak Berusaha untuk Selalu Anda Ketika Anda Membutuhkan

Ketika sekarang giliran Anda yang membutuhkan mereka, apakah mereka ada dan bersedia membantu?

Dampak Negatif Dimanfaatkan

Dampak negatif dimanfaatkan dapat bermanifestasi menjadi gejala yang terkait dengan kecemasan, depresi, dan trauma. Hal ini juga membuat seseorang mengalami kesulitan untuk mempercayai orang lain.

Baca Juga: 

"Dimanfaatkan jelas bukan tanda hubungan yang sehat. Karena itu artinya satu orang mengambil secara berlebihan sementara yang lain melakukan semua pengorbanan" kata Marcum.
 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 14 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories