Wajib Baca, Ini Waktu yang Tepat Anda Harus Mengubah Password

Kapan Anda Harus Mengubah Password? Ini Penjelasannya (Freepik.com/rawpixel.com)

MAKASSARINSIGHT.com - Password adalah salah satu alat yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan akun dan informasi pribadi Anda dari serangan peretas. Namun, Anda tentu tidak selalu dapat mencegah peretas mengakses kredensial Anda. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengawasi akun Anda termasuk soal password yang Anda miliki.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar akun Anda tidak mudah diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab adalah dengan mengganti password. Namun, kapan harus mengganti kata sandi atau password? Berikut penjelasannya.

Kapan Harus Mengubah Password atau Kata Sandi

Kapan Harus Mengubah Password atau Kata Sandi

Sebelumnya, kita sering diberi peringatan untuk kerap mengganti password. Namun, sekarang nasihat tersebut tampaknya sudah tidak relevan.

Para ahli sekarang setuju menggunakan password yang panjang, kuat, dan unik, yang dibuat dan disimpan di password manager daripada sering mengubah kata sandi.

Terlalu sering mengganti password ternyata juga dapat menimbulkan bahaya. Anda akan cenderung memilih menggunakan kata sandi sederhana yang lebih mudah diingat atau tergoda untuk menyimpan password di browser Anda. 

Baca Juga: 

Oleh karena itu, pastikan Anda mengganti password ketika terjadi beberapa situasi sebagai berikut.

1. Mendapat Peringatan Pelanggaran Keamanan

Segera setelah Anda mendapatkan peringatan pelanggaran keamanan dari suatu layanan atau website, ubahlah password yang terkait dengan akun tersebut. 

2. Setelah Mengetahui Anda Membuka Malware atau Phishing

Mengubah password mungkin tidak mengurangi semua kerusakan yang disebabkan karena malware atau phishing. Namun, hal itu dapat mencegah peretas atau scammer meretas Anda kembali di masa depan. Anda juga memerlukan perangkat yang berbeda dari yang terkena malware untuk mengubah password Anda.

3. Ada Seseorang yang Mencoba Mengakses Akun 

Munculnya peringatan akses akun Anda tentu akan membuat Anda jadi panik. Setelah Anda berhasil masuk ke akun untuk memastikan tidak ada orang yang mencuri data atau membuat perubahan akun Anda, segeralah untuk memperbarui password Anda. Anda juga perlu meluangkan waktu untuk mengaktifkan multifactor authentication.

4. Saat Akun Anda Diretas

Jika Anda kebetulan menggunakan kombinasi email dan password yang sama untuk semua akun di berbagai website maka hal itu akan membuat Anda semakin rentan. Hal ini karena jika ada salah satu website terkena peretasan, bisa jadi akun penting Anda juga akan diretas karena memiliki password yang sama. Oleh karena itu, ubah password untuk semua akun yang memiliki kombinasi kredensial yang sama dan hasilkan kata sandi yang unik untuk setiap website. 

Baca Juga: 

Itu tadi penjelasan mengenai kapan Anda harus mengganti password agar keamanan informasi pribadi Anda tetap terjaga.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 13 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories