Yuk Memulai Kebiasaan Baru yang Baik, Ini Langkah Mudah Memulainya

Kilat! 5 Langkah Sederhana Membangun Kebiasaan Baru (Pexels)

MAKASSARINSIGHT.com - Apakah Anda memiliki kebiasaan buruk yang ingin Anda hentikan? Atau mungkin kebiasaan baru yang ingin Anda bangun? Untuk mengubah kebiasaan, mengandalkan tekad saja tidak cukup dan tidak akan berhasil.

Kebiasaan adalah perilaku yang terjadi secara otomatis dalam keseharian Anda. Itulah mengapa membangun kebiasaan positif bisa sangat ampuh dalam merancang kehidupan yang benar-benar Anda inginkan.

Berikut adalah 5 Langkah Sederhana Membangun Kebiasaan Baru

1. Pilih kebiasaan yang ingin Anda lakukan

Pilihlah kebiasaan yang ingin Anda lakukan bukan yang harus Anda lakukan. Karena akan sulit menciptakan kebiasaan di sekitar hal yang tidak Anda sukai.

Baca Juga: 

Optimis Dapat Penuhi Permintaan Kredit Kendaraan Bermotor yang Meningkat, BCA Sediakan Bunga hingga 2,66 Persen

2. Buatlah menjadi spesifik

Ketika Anda mengatakan Saya ingin lebih disiplin berolahraga, akan muncul pertanyaan-pertanyaan lain mulai dari jenis olahraga, berapa lama waktu yang harus diluangkan untuk olahraga hingga sebaiknya pergi ke gym atau berolahraga di rumah saja.

Semakin spesifik Anda membuat kebiasaan maka semakin dekat juga Anda mencapai tujuan Anda.

3. Buatlah menjadi mudah

Anda tidak harus berusaha sekuat tenaga untuk menaklukkan kebiasaan Anda. Kaena semakin sederhana Anda membuat kebiasaan, maka besar kemungkinannya kebiasaan itu akan bertahan.

4. Buatlah pemicunya

Apa yang akan mengingatkan Anda untuk memulai sebuah kebiasaan? Anda dapat mulai dengan membuat sticky note hingga menyetel alarm.

Cara terbaik untuk menentukan pemicu Anda adalah mengatikannya dengan kebiasaan atau rutinitas yang sudah Anda lakukan.

Baca Juga: 

5. Kaitkan emosi positif dengan kebiasaan

Faktor ini penting karena ketika ANda menyelesaikan kebiasaan tersebut, Akan akan merasa berhasil dan berhak untuk merayakannya. Semakin kuat emosi positifnya, maka semakin cepat juga kebiasaan Anda melekat ke diri Anda.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 26 Feb 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories