Yuk Jaga Kebersihan Lingkungan Saat Ini Mudik, Ini 4 Cara Sederhananya

4 Tips Jaga Kebersihan Lingkungan Saat Mudik Lebaran (Trenasia)

MAKASSARINSIGHT.com - Mudik adalah salah satu tradisi masyarakat Indonesia menjelang Idulfitri. Selain itu, momen mudik juga selalu jadi hal yang dinanti-nantikan karena bisa segera bertemu dengan orang tua, saudara, keluarga besar, hingga sahabat. 

Meski sedang dalam perjalanan mudik Lebaran, ada baiknya jika Anda tetap menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih. Berikut beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan saat mudik Lebaran.

Cara Jaga Kebersihan Lingkungan Saat Mudik Lebaran

Cara Jaga Kebersihan Lingkungan Saat Mudik Lebaran

1. Gunakan wadah makanan reusable

Anda mungkin akan membawa sejumlah bekal makanan ketika mudik. Namun, sebaiknya Anda menyimpannya di wadah reusable dan tidak menggunakan wadah makanan sekali pakai. Hal ini dilakukan agar sampah yang ada tidak menumpuk apalagi ketika dibuang sembarangan.

Baca Juga: 

2. Makan dengan bijak

Ada baiknya Anda perlu bijak saat membeli makan. Belilah makanan sejumlah yang Anda mampu habiskan. Jika Anda membeli makanan secara berlebihan, maka makanan tersebut berpotensi busuk jika tidak termakan yang akhirnya akan menambah sampah makanan.

3. Menggunakan alat makan reusable

Saat ini memang sudah ada banyak restoran yang menyediakan alat makan sekali pakai seperti sendok dan garpu plastik serta minuman gelasan atau botol. Meski begitu, sebaiknya sejak dari rumah Anda mempersiapkan alat makan yang bisa digunakan kembali untuk meminimalisir sampah.

4. Memakai tote bag atau tas kain

Ketika Anda belanja atau membungkus beberapa barang bawaan saat mudik, ada baiknya menggunakan tote bag atau tas kain. Selain lebih awet daripada tas plastik, Anda juga tidak menambah sampah.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa cara menjaga kebersihan saat mudik Lebaran. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 21 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories