Ini 5 Hidangan Daging Indonesia yang Paling Populer, Ada Favoritmu?

5 Hidangan Daging Indonesia yang Paling Populer, Ada Favoritmu? (Freepik.com/Jcomp)

MAKASSARINSIGHT.com - Daging baik itu daging ayam atau daging sapi merupakan sumber protein hewani yang nutrisinya sangat diperlukan oleh tubuh. Ada berbagai macam olahan atau masakan Indonesia yang menggunakan daging.

Berikut beberapa masakan atau hidangan daging asal Indonesia yang paling populer menurut Taste Atlas.

Hidangan Daging Indonesia yang Paling Populer

Hidangan Daging Indonesia yang Paling Populer

1. Sate

Sate adalah masakan tradisional Indonesia yang berupa daging ditusuk yang disajikan bersama saus pendamping. Semua jenis daging bisa digunakan untuk membuat sate, seperti ayam, sapi, kelinci dan sebagainya. Bumbu sate bisa bervariasi mulai dari kecap hitam, gula, bawang putih, air jeruk nipis, dan sebagainya. 

Baca Juga: 

2. Rendang

Rendang adalah masakan yang terbuat dari daging khas masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat. Hidangan ini terkenal dengan nikmat, pedas, dan prosedurnya yang lama. Rendang diketahui sering dibandingkan dengan kari asal India karena memiliki konsistensi dan rasa yang unik.

3. Bakso

Bakso adalah masakan yang cukup populer di Indonesia. Bakso biasanya memiliki tiga bahan utama yaitu mie, bakso, dan kaldu. Bakso khas Indonesia memiliki tekstur yang kenyal dan disajikan bersama telur rebus, pangsit, dan tahu.

4. Ayam Goreng

Ayam goreng khas Indonesia biasanya dibuat dengan direndam di dalam bumbu, direbus sebentar sebelum digoreng, lalu digoreng sampai warnanya keemasan dan teksturnya renyah. Bumbu yang digunakan untuk ayam goreng biasanya berupa serai, kunyit, lengkuas, dan asam Jawa.

5. Betutu

Betutu adalah hidangan seremonial Bali yang memiliki dua variasi yaitu ayam betutu dan bebek betutu. Daging ayam atau bebek akan digosok dan diisi dengan campuran rempah-rempah seperti jahe, kunyit, merica, cabai, dan terasi. Ayam atau bebek betutu yang sudah dibumbui akan dibungkus dengan daun kemudian dipanggang di oven dalam tanah.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa hidangan daging paling populer di Indonesia. Ada favoritmu?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 19 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories