YouTube Siapkan Penggunaan Musik Secara Legal, Mudahkan Konten Kreator

(null)

MAKASSARINSIGHT.com - Konten kreator YouTube tak akan lagi pusing dengan musik. Pihak YouTube akan membuka fitur katalog Creator Music untuk para penggunanya.

Jadi nantinya, para kreator bisa menyertakan musik yang kini sedang populer di unggahan videonya, dan tak perlu khawatir dengan klaim hak cipta.

Mengutip dari GSM Arena, YouTube berlasan, fitur ini memungkinkan kreator untuk memakai lagu mainstream atau populer secara legal. Caranya, kreator bisa membeli lisensi atau berbagi pendapatan dengan musisi maupun pemegang hak cipta sebuah lagu.

Baca Juga: 

Hanya untuk sekarang, fitur ini baru tersedia untuk kreator YouTube di Amerika Serikat dan menjadi bagian dalam YPP (YouTube Partner Program). Kendati demikian, YouTube menyebut akan memperluas cakupan fitur ini ke lebih banyak negara sepanjang 2023.

Meski baru diperkenalkan, YouTube menyebut katalog dalam fitur ini akan terus diperbanyak seiring berjalannya waktu. Dengan demikian, kreator konten bisa menemukan lebih banyak lagu mainstream favorit mereka untuk disertakan dalam video.

Namun perlu diketahui, lagu yang ada di Creator Music hanya bisa dipakai untuk video panjang, sehingga tidak bisa digunakan untuk keperluan live streaming. Sementara untuk kebutuhan Shorts, content creator disarankan tetap menggunakan katalog musik yang sudah disediakan.

Baca Juga: 

“Kami harap Creator Music bisa membantu meramaikan video kamu dengan menambahkan musik untuk meningkatkan konten ke tingkat selanjutnya,” tutur YouTube dalam blog perusahaan. Di sisi lain, YouTube juga mengumumkan kreator kini bisa mendapatkan penghasilkan iklan dari video Shorts. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories