Waspada Modus Baru, Penjahat Ganti QRIS Kotak Amal Masjid dengan QRIS Pribadi

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. / Bi.go.id

MAKASSARINSIGHT.com - Ada-ada saja ulah pelaku kejahatan untuk mendapatkan uang. Terkini, ada modus baru penipuan terhadap kotak amal masjid. Seorang pria terekam kamera CCTV mengganti stiker QRIS di kotak amal sebuah masjid dengan stiker QRIS yang diduga miliknya pribadi.

Peristiwa terekam dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Dalam video tersebut, pria yang tak dikenal tersebut terlihat mengganti beberapa QRIS kotak amal yang ada di Masjid Nurul Iman, Mal Blok M Square, Jakarta Selatan.

Informasi tentang peristiwa ini diunggah oleh akun Instagram @redasamudera.id.

“Hati-hati terutama para DKM masjid, telah terjadi modus penipuan mengganti barcode QRIS kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan lt7” tulis akun tersebut dalam unggahanya, dikutip dari www.trenasia.com.

Baca Juga: 

Pihak kepolisian saat ini sedang menelusuri video peristiwa penggantian QRIS oleh pria tak dikenal tersebut meskipun pihak masjid belum membuat laporan resmi. Disampaikan Kapolsek Kebayoran Baru, Kompol Tribuana Roseno, pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus ini.

Adapun pihak pengelola Masjid Nurul Iman, Blok M Square turut memberikan pengumuman melalui instagram resminya @masjidnuruliman. Dalam postingan yang diunggah Minggu, 9 April 2023, pihak masjid menyampaikan bahwa tidak lagi memakai barcode QRIS untuk infaq kegiatan masjid.

"Bagi para jamaah yang ingin menyalurkan infaq untuk dakwah sunnah atau kegaiatan Masjid, bisa melalui kotak-kotak infaq yang tersedia di area Masjid atau nomor rekeneing yang sudah kami share," tulis keterangan akun Instagram @masjidnuruliman.

Sebagai informasi, Masjid Nurul Iman disebut-sebut menjadi masjid terbesar yang berada di dalam pusat perbelanjaan di Jakarta. Mampu menampung kapasitas hingga ribuan jamaah, masjid ini menjadi tempat ibadah yang ideal bagi pengunjung yang untuk beribadah sekaligus berbelanja di mal.

Masjid Nurul Iman terletak di lantai 7 Mal Blok M Square yang memiliki fasilitas cukup lengkap untuk menunjang kebutuhan ibadah para pengunjung. (-)

Baca Juga: 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories