Waspada Dilacak! Ini Cara Hentikan Aplikasi di iPhone Mengetahui Lokasi Anda

Hati-hati Dilacak! Ini Cara Hentikan Aplikasi di iPhone Mengetahui Lokasi Anda (Pexels.com/JÉSHOOTS)

MAKASSAINSIGHT.com - Penggunaan smartphone atau ponsel seperti iPhone saat ini tampaknya sudah jadi hal yang lazim bagi sebagian besar orang. Hal ini karena ponsel memudahkan kita untuk beraktivitas sehari-hari termasuk bekerja. 

Akan tetapi, ternyata ada aplikasi iPhone yang harus Anda perhatikan karena dapat melacak lokasi Anda. Banyak dari kita hanya mengaktifkan layanan lokasi di ponsel dan tidak pernah benar-benar mengetahui jenis data apa saja yang diperoleh dari aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui aplikasi apa saja yang melacak lokasi Anda dan apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah kebocoran data sensitif Anda. 

Baca Juga: 

Cara Mengatur Informasi Lokasi di iPhone

Cara mengatur informasi lokasi di iPhone agar aplikasi tidak melacak lokasi Anda

Ada dua cara untuk mengelola pengaturan informasi lokasi Anda di iPhone, salah satunya adalah dengan mematikan fitur tersebut sepenuhnya. Akan tetapi, jika Anda melakukan cara tersebut, hal ini akan memengaruhi pelacakan lokasi Anda ketika mengakses aplikasi seperti Google Maps. Kedua, yaitu Anda dapat menonaktifkan layanan lokasi untuk aplikasi iPhone tertentu.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk menutup sepenuhnya kemungkinan aplikasi melacak lokasi Anda.

  1. Pertama, buka menu pengaturan atau Settings yang ada di iPhone.
  2. Cari Privacy and Security, kemudian pilih Location Services.
  3. Anda akan melihat tombol berwarna hijau yang ada di bagian atas layar. Matikan tombol tersebut maka semua layanan lokasi di berbagai aplikasi akan dibatasi.

Perlu Anda ketahui, menonaktifkan layanan lokasi ternyata juga dapat membantu menghemat baterai perangkat sekaligus meningkatkan privasi dan keamanan Anda. Akan tetapi, hal ini tetap dapat memengaruhi pengalaman Anda saat menggunakan beberapa aplikasi tertentu.

Cara Menonaktifkan Pelacakan Lokasi untuk Aplikasi Tertentu di iPhone

Cara menonaktifkan pelacakan lokasi untuk aplikasi tertentu di iPhone

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mematikan pelacakan lokasi untuk aplikasi tertentu di iPhone Anda. Dengan melakukan cara ini, Anda tidak perlu lagi mematikan pengaturan lokasi secara keseluruhan.

  1. Buka pengaturan atau menu Settings di iPhone.
  2. Temukan Privacy and Security, buka opsi Service Location.
  3. Anda akan diberikan daftar aplikasi yang Anda miliki di iPhone kemudian Anda bisa mematikan sakelar atau toggle untuk aplikasi yang tidak ingin Anda bagikan lokasinya.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyesuaikan waktu pelacakan lokasi Anda karena sekarang iOS menyediakan empat opsi kapan Anda ingin dilacak, yaitu Never, Ask Next Time or When I Share, While Using the App, dan Always. Anda bisa memilih salah satu opsi pilihan tersebut untuk setiap aplikasi di iPhone.

Baca Juga: 

Itu tadi cara mencegah aplikasi di iPhone melacak lokasi Anda. Selamat mencoba.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 11 Sep 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories