Undang 3 Capres Makan Siang di Istana, Ini yang Dibahas Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Sekretariat Kabinet) (Setkab)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang tiga bakal calon presiden (capres) untuk jamuan makan siang di Istana, Senin, 30 Oktober 2023. Undangan tersebut sebagai bentuk dukungan Jokowi terhadap semua kandidat dalam Pemilihan Presiden (Pilpres 2024). 

Hal itu diungkap Sekretariat Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Hermawi Taslim. Ia menyebut ketiga capres yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto diundang ke istana Senin siang. “Diundang ke Istana tanpa cawapresnya,” ujar Hermawi dikutip dari Antara, 

Hermawi Taslim mengatakan undangan tersebut sebagai bentuk perwujudan dukungan Presiden Jokowi kepada tiga capres. Presiden sebelumnya mengklaim bakal mendukung ketiganya untuk kepentingan bangsa. “Mungkin ini dukungan yang dimaksud.” ujarnya.

Baca Juga: 

Koordinator Staf Khusus Presiden AAGN Ari Dwipayana mengaku belum mengetahui informasi tersebut lebih lanjut. Dirinya mengungkapkan belum mendapatkan update informasi terkait jamuan makan siang kepada tiga capres. Ari hanya mengatakan jika terdapat acara itu, pasti akan terbuka dan dapat diliput media.

Senada Hermawi Taslim, cawapres pendamping Ganjar Pranowo sekaligus Menkopolhukam Mahfud MD membenarkan acara tersebut. “Iya benar capres, bukan cawapres,” ujar Mahfud MD di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin. Mahfud mengaku tak ikut acara tersebut. 

Diketahui, Pilpres 2024 mendatang diikuti tiga pasangan capres-cawapres. Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjadi menjadi yang pertama mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 19 Oktober 2023. Pasangan ini selalu menjadi yang pertama mulai dari pendeklarasian bacapres, bacawapres, hingga pendaftaran ke KPU.

Setelahnya, terdapat pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang menjadi nomor dua saat mendaftar ke KPU. Keduannya mendaftar pada hari yang sama dengan pasangan Anies-Cak Imin namun berbeda jam saja. Mahfud MD sendiri diumumkan sebagai cawapres mendampingi Ganjar ketika mendekati dibukanya pendaftaran oleh KPU.

Baca Juga: 

Terakhir yaitu pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Pasangan ini menjadi yang paling terakhir dalam mendaftarkan diri ke KPU serta mengumumkan cawapresnya. Prabowo dan Gibran baru mendaftarkan diri ke KPU pada hari terakhir pendaftaran capres-cawapres pada tanggal 25 Oktober 2023. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 30 Oct 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories