September 2023 Realisasi Pendapatan 60,65 Persen, Kepala Bappeda Makassar: 2024 Dilakukan Perbaikan

Kepala Bappeda Makassar Helmy Budiman. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - Realisasi pendapatan daerah Kota Makassar hingga 30 September 2023 diangka  Rp2,96 triliun atau 60,65 persen.

Adapun target pendapatan pasca perubahan APBD tersisa Rp4,89 triliun.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Helmy Budiman mengemukakan, melihat realisasi pendapatan yang rendah, Pemkot Makassar akan melakukan perbaikan pada APBD Pokok 2024.

"Kita berharap ini menjadi catatan bagi SKPD karena kita sudah ingatkan berkali kali bahwa kita lakukan perbaikan," ucap Helmy belum lama ini.

Menurut Helmy, dengan kondisi ekonomi yang semakin bagus maka tentu akan berdampak juga terhadap pendapatan.

"Kita lihat di Makassar sudah banyak toko yang sudah jalan sebagaimana mestinya kemudian toko-toko baru atau kantong kantong baru, kita sangat optimis," kata Helmy.

Terkait keluhan beberapa OPD tentang tingginya target tahun ini diharapkan bukan jadi alasan.

Ia menilai kemungkinan OPD belum siap melakukan percepatan.

Padahal, dua tahun terakhir ini para OPD sudah diwanti-wanti untuk melakukan percepatan atau akselarasi, baik terhadap pendapatan maupun belanja daerah.

"Mungkin teman teman kecamatan tidak siap melakukan percepatan. Tetapi ini menjadi catatan selama dua tahun ini, kita sudah sampaikan bahwa bagaimana untuk melakukan percepatan," sebutnya.

"Kalau misalnya camat tidak memenuhi target pendapatan ini juga menjadi catatan. Kalau mereka tidak terpenuhi kami akan sampaikan ke pak wali untuk cari opsi lain, apakah camatnya diganti atau bagaimana," sambungnya.(*)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories