Ternyata Tidur Larut Malam dan Bangun Siang Tingkatkan Risiko Diabetes, Ini Penjelasannya

Penelitian: Pola Tidur Larut Malam dan Bangun Siang Meningkatkan Resiko Diabetes (Istock)

MAKASARINSIGHT.com - Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Rumah Sakit Brigham and Women menemukan bahwa orang-orang yang tidur larut malam dan bangun siang cenderung memiliki gaya hidup yang lebih tidak sehat dan resiko diabetes lebih besar dibandingkan mereka yang tidur lebih awal dan bangun pagi. Hasil penelitian ini dipublikasikan di the Annals of Internal Medicine.

Kronotipe, atau preferensi sirkadian, mengacu pada waktu tidur dan bangun yang lebih cocok untuk seseorang dan sebagian ditentukan secara genetik sehingga mungkin sulit untuk diubah,” kata penulis terkait Tianyi Huang, MSc, ScD, ahli epidemiologi di Divisi Channing Brigham. 

“Orang-orang yang berpikir bahwa mereka adalah orang yang suka tidur malam mungkin perlu lebih memperhatikan gaya hidup mereka karena kebiasaan makan malam dapat menambah peningkatan risiko diabetes tipe 2,” lanjutnya. 

Baca Juga: 

Para peneliti sebelumnya menemukan bahwa orang dengan jadwal tidur yang lebih tidak teratur memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes dan penyakit kardiovaskular, dan orang dengan kronotipe malam hari lebih cenderung memiliki pola tidur tidak teratur. Untuk penelitian ini, mereka ingin memahami hubungan antara kronotipe dan risiko diabetes dan juga melihat peran faktor gaya hidup.

Tim menganalisis data dari 63.676 perawat wanita dari Nurses Health Study II yang dikumpulkan dari tahun 2009-2017 dan mencakup kronotipe (sejauh mana peserta menganggap diri mereka sebagai orang yang suka tidur larut malam atau orang yang suka bangun pagi), kualitas makanan, berat badan dan indeks massa tubuh, waktu tidur, perilaku merokok, penggunaan alkohol, aktivitas fisik, dan riwayat diabetes keluarga. Tim menentukan status diabetes dari laporan diri dan catatan medis para peserta.

Sekitar 11% peserta melaporkan memiliki kronotipe 'malam' dan sekitar 35% melaporkan memiliki kronotipe 'pagi'. Populasi yang tersisa, sekitar setengahnya, diberi label 'intermediate', yang berarti mereka tidak teridentifikasi sebagai tipe pagi atau sore hari atau hanya sedikit lebih banyak dibandingkan tipe lainnya.

Hasilnya, kronotipe malam hari dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 72% sebelum memasukkan faktor gaya hidup. Setelah memperhitungkan faktor gaya hidup, kronotipe malam hari dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 19%. 

Di antara mereka yang menjalani gaya hidup paling sehat dalam penelitian ini, hanya 6% yang memiliki kronotipe malam hari. Di antara mereka yang memiliki gaya hidup paling tidak sehat, 25% adalah kronotipe malam hari.

Mereka yang memiliki kronotipe malam hari ditemukan cenderung minum alkohol dalam jumlah lebih banyak, memiliki pola makan berkualitas rendah, kurang tidur setiap malam, merokok, dan memiliki berat badan yang tidak ideal, dan tingkat aktivitas fisik dalam kisaran tidak sehat. .

“Ketika kita mengontrol perilaku gaya hidup yang tidak sehat, hubungan yang kuat antara kronotipe dan risiko diabetes berkurang namun tetap ada, yang berarti bahwa faktor gaya hidup menjelaskan sebagian besar hubungan ini,” kata penulis pertama Sina Kianersi, DVM, PhD, rekan peneliti.

Baca Juga: 

Mereka juga menemukan hubungan antara kronotipe malam dan risiko diabetes hanya terjadi pada perawat yang bekerja shift siang dan bukan pada perawat yang bekerja shift malam.

“Ketika kronotipe tidak disesuaikan dengan jam kerja, kami melihat peningkatan risiko diabetes tipe 2,” kata Huang. “Itu adalah temuan menarik lainnya yang menunjukkan bahwa penjadwalan kerja yang lebih personal dapat bermanfaat.”

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 23 Sep 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories