Masalah Privasi, X atau Twitter Tutup Fitur Circle

Usai Masalah Privasi, X atau Twitter Akhirnya Tutup Fitur Circle (https://unsplash.com/photos/a-black-square-button-with-a-white-x-on-it-d4_aCS3jsQ0)

MAKASARINSIGHT.com - X atau Twitter akhirnya menutup atau mematikan fitur Circles beberapa bulan usai beberapa pengguna melaporkan adanya gangguan pada fitur yang berfokus pada privasi yang memungkinkan pengguna mengirim postingan ke audiens tertentu.

Platform microblogging milik Elon Musk yang sebelumnya bernama Twitter itu mengatakan bahwa Circles akan dinonaktifkan pada tanggal 31 Oktober.

Twitter Circles akan dinonaktifkan pada tanggal 31 Oktober

“Setelah tanggal ini, Anda tidak akan dapat membuat postingan baru yang terbatas pada Circles Anda, dan Anda juga tidak dapat menambahkan orang ke Circles Anda. Namun, Anda dapat menghapus orang dari Circles dengan berhenti mengikuti mereka,” tulis X dalam sebuah postingan.

Baca Juga: 

Setelah berhenti mengikuti, pengguna yang sebelumnya menjadi bagian dari Circles seseorang tidak akan lagi melihat postingan dari Circles Anda sebelumnya. 

Fitur Circles mirip dengan fitur Close Friends di Instagram yang resmi diluncurkan pada Agustus 2022, ketika platform tersebut bernama Twitter. Twitter Circle dapat memudahkan pengguna untuk mengirim Tweet kepada orang-orang tertentu dan membagikan pemikiran Anda kepada lebih sedikit orang.

Twitter Circle atau Circles memudahkan Anda memilih siapa saja yang ada di dalam Circle Twitter Anda dan hanya individu yang Anda tambahkan yang dapat membalas dan berinteraksi dengan tweet yang Anda bagikan di Circles tersebut. 

Namun, pada bulan April lalu, terdapat kesalahan software yang mengekspos postingan pribadi beberapa pengguna kepada pengikut lain dan orang asing yang bukan bagian dari Circle mereka. Hal inilah yang akhirnya memicu kekhawatiran privasi yang semakin meluas.

Pengguna juga mulai memperhatikan bahwa postingan di Circle pribadi mereka mulai muncul di timeline For You yang sebetulnya dibuat secara algoritmik, yang berarti postingan tersebut telah dilihat oleh orang-orang di luar audiens yang dituju. Bahkan, dalam beberapa kasus, pengguna menyadari bahwa postingan mereka di Circle telah menjangkau orang-orang yang tidak mengikuti mereka. 

Dalam email yang dikirim ke pengguna yang terkena dampak insiden tersebut, twitter atau X mengatakan adanya insiden keamanan di balik tampilan tweet Circle yang menjadi publik. Mereka juga menambahkan bahwa masalah tersebut segera diperbaiki sehingga postingan tersebut tidak lagi terlihat di luar Circle pengguna.

Pihak X atau Twitter juga mengakut telah melakukan penyelidikan menyeluruh untuk memahami bagaimana hal ini terjadi dan telah mengatasi masalah tersebut. Adanya bug perangkat lunak tersebut menambahkan jumlah masalah yang melanda Twitter setelah Elon Musk mengambil alih perusahaan tersebut dan mulai memberhentikan hampir dua pertiga tenaga kerjanya.

Diduga kesalahan ini kemungkinan besar disebabkan oleh algoritma rekomendasi platform yang mungkin gagal memfilter postingan Circle sebelum membagikannya dengan orang lain di situs. Sekarang, dalam pembaruan terbaru ini, X atau Twitter akhirnya menyatakan dalam sebuah postingan bahwa mereka akan menghentikan fitur Circles mulai 31 Oktober 2023 tanpa menyelidiki alasan perusahaan menutup fitur tersebut.

Baca Juga: 

Itu tadi penjelasan mengenai fitur Circle atau Circles yang segera akan ditutup oleh X atau Twitter. Apakah Anda setuju?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 23 Sep 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories