Ternyata Ada Risiko dan Kerugian di Balik Kemudahan Paylater

Ternyata Ini Risiko dan Kerugian Menggunakan Paylater, Awas Ketagihan! (Trenasia.com)

MAKASSARINSIGHT.com - Fenomena penggunaan pembayaran dengan cara paylater memang sekarang banyak diminati masyarakat. Hal ini karena layanan paylater memudahkan kita untuk mendapatkan barang yang kita butuhkan atau kita inginkan secara cepat tanpa harus lama menabung.

Menggunakan metode pembayaran buy now paylater ketika belanja online ini memang memudahkan konsumen. Namun, konsumen juga tetap perlu mewaspadai beberapa potensi kerugian yang harus dipertimbangkan.

Untuk menggunakan paylater juga cukup mudah. Anda cukup mendaftar atau mengaktifkan fitur paylater ini ke pihak yang menawarkan metode pembayaran tersebut, contohnya beberapa e-commerce tertentu.

Baca Juga:

Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi informasi atau data diri, memberikan foto KTP, dan beberapa langkah selanjutnya. Jika permintaan pengaktifan paylater disetujui, Anda bisa langsung menggunakan paylater.

Kerugian Menggunakan Paylater

1. Menyulitkan Anda mengelola keuangan

Pada umumnya, orang-orang cenderung lebih terbiasa untuk menabung terlebih dahulu untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Namun sekarang dengan adanya paylater Anda mungkin jadi mudah tergoda untuk segera membeli barang yang sebetulnya mungkin tidak terlalu dibutuhkan.

2. Memicu perilaku konsumtif

Saat ini banyak pemasar atau marketer yang menggunakan media sosial untuk memasarkan berbagai produknya. Pemasarannya pun dikemas secara menarik dan dengan menggunakan berbagai gimmick yang dapat meningkatkan penjualan. 

Namun, bagi Anda yang menjadi seorang konsumen hal ini dapat berbahaya apalagi jika Anda mudah tergiur untuk segera membelinya. Selain itu, mengetahui Anda sudah mengaktifkan fitur paylater, bisa jadi Anda akan langsung membelinya tanpa berpikir panjang terlebih dahulu.

3. Tagihan jadi menumpuk

Tidak hanya membuat Anda jadi konsumtif, tagihan Anda juga jadi menumpuk apalagi jika Anda telat membayar tagihan. Jika Anda menunggak tagihan paylater, bisa jadi Anda akan mendapatkan denda sehingga tagihan Anda jadi semakin bertambah.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa kerugian dari paylater yang tetap perlu Anda pertimbangkan dan waspadai sebelum ketagihan menggunakannya dan belanja terus menerus.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 20 Feb 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories