Ternyata Ada 5 Negara yang Tidak Memiliki Hari Kemerdekaan, Ini Daftarnya

Objek wisata Wat Arun di Thailand. (Summarecon)

MAKASSAINSIGHT.com – Seluruh rakyat Indonesia saat ini tengah merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-78 pada 17 Agustus 2023. Peringatan tersebut juga dijadikan hari libur nasional yang kerap digunakan masyarakat Indonesia untuk merayakan dengan menggelar upacara hingga berbagai perlombaan. 

Ketika masyarakat Indonesia penuh semangat dan bersuka cita menyambut HUT RI, ternyata ada beberapa negara yang tidak memiliki hari kemerdekaan (Independence Day).

5 Negara yang Tidak Memiliki Hari Kemerdekaan

Terdapat beberapa alasan mengapa sejumlah negara tidak memiliki hari kemerdakaan, di antaranya karena memang tidak pernah dijajah maupun karena tidak pernah memproklamirkan kemerdekaan.

Baca Juga: 

Untuk mengulik lebih dalam, berikut lima negara yang tidak memiliki hari kemerdekaan beserta alasannya.

1. Thailand

Thailand menjadi kerajaan bebas dan merdeka selama abad ke-19 ketika sebagian besar negara Asia Tenggara diinvasi oleh kekuatan kekaisaran asing. Karena hal tersebut, negara tetangga Indonesia ini tidak memiliki hari kemerdekaan.

Meski demikian, dilansir dari The Washington Post, Thailand menjadikan ulang tahun mendiang raja Bhumibol Adulyadej sebagai Hari Nasional yang diperingati setiap 5 Desember.

2. Inggris

Inggris merupakan negara dengan sistem kekerajaan yang tidak merayakan hari kemerdekaan karena tidak pernah dijajah. Sebaliknya, negara ini justru terkait atas kemerdekaan banyak negara di dunia terutama Afrika, lantaran sempat menjajah sejumlah negara-negara di dunia termasuk Indonesia di masa kolonialisme.

3. Jepang

Sama seperti Inggirs, Jepang merupakan salah satu negara yang pernah menjajah sejumlah negara termasuk Indonesia dan Korea Selatan pada Perang Dunia II. Karena itulah, negara ini tidak memiliki hari kemerdekaan lantaran tidak pernah dijajah. 

Meski demikian, setiap 11 Februari Jepang merayakan Hari Nasional yaitu Hari Pembentukan Nasional untuk memperingati pembentukan Jepang oleh Kaisar Jimmu pada tahun 660 SM.

4. Arab Saudi

Mengutip situs Kementerian Luar Negeri Saudi, Arab Saudi tidak memiliki hari kemerdekaan lantaran tidak pernah dijajah negara lain. Namun setiap 23 September negara ini merayakan Hari Nasional untuk memperingati pembentukan Kerajaan Saudi oleh Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud.

5. Denmark

Denmark termasuk negara yang tidak pernah tidak pernah dijajah oleh negara lain sejak terbentuk lebih dari 1.000 tahun lalu. Karena itulah negara ini tidak memiliki hari kemerdekaan.

Baca Juga: 

Dilansir The Copenhagen Post, Denmark juga tidak pernah melalui proses pemecahan atau unifikasi wilayah seperti Jerman atau Vietnam meskipun banyak terjadi perebutan kekuasaan di Denmark.

Namun, Denmark memperingati Hari Pembebasan (Liberation Day) setiap 5 Mei, Hari Pembentukan Konstitusi (Constitution Day) setiap 5 Juni, dan Hari Valdemars setiap 15 Juni. Sayangnya, tidak satu pun dari tiga hari tersebut yang ditetapkan sebagai hari nasional.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizanatul Fitri pada 17 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories