Terjebak 46 Ribu Tahun di Es, Ilmuwan Hidupkan Cacing Gelang Purba Hingga Punya Anak

(null)

MAKASSARINSIGHT.com, SIBERIA- Sejumlah ilmuwan menghidupkan kembali virus, bakteri, dan organisme prasejarah. Terbaru, cacing gelang mikroskopis dari permafost, siberia berhasil dibiakkan.

Tersimpan di es selama 46.000, organisme ini terawetkan dengan baik. Tak hanya itu, Menurut laporan Insider Selasa, 1 Agustus 2023, cacing gelang purba ini kini berkembang biak.

Sebelumnya, cacing gelang purba ini ditemukan bersarang di di dalam liang tupai yang membatu. Hewan tersebut kemudian diekstraksi dari permafrost dekat Sungai Kolyma, di Arktik timur laut, pada tahun 2002.

Baca Juga: 

Pada 2018, Para ilmuwan menyadarkan kembali nematoda beku pada tahun. Namun kala itu, usia dan spesiesnya masih belum jelas.

Kini, semua peranyaan ilmuwan mengenai cacing gelang akhirnya menemukan jawaban. Mengutip Jurnal PLOS Genetics, nematoda purba ini bertahan hidup selama 46.000 tahun di permafrost Siberia. Tentunya, hal ini tak bisa dilakukan oleh banyak mahluk hidup.

"Bertahan hidup di lingkungan ekstrem untuk waktu yang lama merupakan tantangan yang hanya mampu dilakukan oleh beberapa organisme," tulis jurnal penelitian tersebut.

Baca Juga: 

Perlu dicatat, sejumlah organisme seperti nematoda dapat memasuki kondisi tak aktif yang dikenal sebagai cryptobiosis. Kondisi ini biasanya terjadi sebagai respons keadaan beku.

Hal ini biasanya terjadi mengurangi konsumsi oksigen dan jumlah panas yang dihasilkan oleh proses metabolisme ke tingkat yang tidak terdeteksi.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizky C. Septania pada 01 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories