Simak Nih, Cara Berhenti Berdebat Menurut Ahli

Cara Berhenti Berdebat Menurut Ahli, Tak Sampai 10 Menit (Pexels / RODNAE Production)

MAKASSARINSIGHT.com - Pernahkah Anda berdebat dengan seseorang yang Anda sayangi dan yang Anda inginkan adalah memenangkan perdebatan?

Jika iya, Anda perlu waspada. Karena jika tujuan Anda adalah memenangkan perdebatan sejatinya, Anda telah kalah.

Banyak rumah tangga, hubungan, persahabatan, band bahkan kemitraaan bisnis yang gagal karena kedua belah pihak sibuk mengisi papan skor agar lebih unggul daripada yang lain.

Baca Juga: 

Bruce Y. Lee MD, MBA, seorang ahli kesehatan digital, menulis untuk Psychology Today seperti dikutip oleh TrenAsia.com, Kamis, 1 Juni 2023 menyebutkan bahwa pada kenyataanya memenangkan perdebatan artinya mampu mencari cara untuk membuat perdebatan menjadi proses yang lebih konstruktif alih-alih destruktif.

Proses yang dimaksud ini bukan berarti meninggalkan lawan bicara ketika berdebat atau membanting pintu untuk menghentikan perdebatan.

Bruce menyarankan Anda untuk beristirahat selama 10 menit ketika merasa perdebatan sudah cukup memanas dan tidak ada jalan keluar. Selama waktu istirahat tersebut Bruce menyarankan Anda untuk membuang sampah secara harfiah dan kiasan.

Menurut Bruce, aktivitas fisik seperti mengangkat sampah dan memindahkannya dapat memberi Anda kesempatan untuk bertanya kepada diri sendiri "Mengapa kita bertengkar seperti ini padahal seharusnya kita berada pada tujuan yang sama?"

Dalam waktu istirahat itu pulalah, Bruce menyarankan Anda untuk merenungkan cara terbaik untuk menemukan solusi lain dari permasalahan yang sedang dihadapi alih-alih berdebat.

Baca Juga: 

Sepengalaman Bruce, ketika kembali dari membuang sampah, ia akan berbicara dengan nada yang lebih pelan dan melembut. Hal ini memungkinkan ia dan lawan bicaranya untuk bersama-sama berdiskusi dengan kepala dingin dan mulai saling memahami satu sama lain.

Saran lain yang diberikan Bruce untuk seseorang yang tengah berdebat adalah dengan mengatakan kalimat seperti "Begini, saya hanya ingin memahami apa yang Anda katakan. Jadi mari kita fokus pada hal itu. Katakan apa yang Anda ingin saya lakukan dan katakan" hal ini secara dramatis dapat membuat seseorang merasa didengarkan dan mengubah keadaan dengan cepat. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 01 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories