Simak Ini, 5 Cara Media Sosial Mempengaruhi Kebiasaan Belanja Anda

Ternyata Begini 5 Cara Media Sosial Mempengaruhi Kebiasaan Belanja Anda (Freepik.com/jannoon028)

MAKASSARINSIGHT.com - Adanya media sosial memang sangat memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Kita bisa memperoleh informasi dengan cepat tanpa harus bersusah payah seperti zaman dulu. Namun ternyata, media sosial juga dapat mempengaruhi kebiasaan belanja Anda. 

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana media sosial mempengaruhi kebiasaan belanja Anda agar hal tersebut tidak membahayakan stabilitas keuangan Anda.

Cara Media Sosial Mempengaruhi Kebiasaan Belanja

1. Menimbulkan efek takut ketinggalan (FOMO)

Ketika Anda scrolling di media sosial, rasanya semua orang memakai merek pakaian mahal, mengendarai mobil terbaik, dan memiliki gaya hidup yang mewah. Hal ini mungkin membuat Anda jadi ingin memiliki kehidupan seperti yang diperlihatkan di media sosial dengan berbelanja tidak sesuai dengan keuangan Anda.

Baca Juga: 

2. Iklan bertarget

Ketika Anda mencari di Google suatu produk tertentu, biasanya Anda akan melihat berbagai iklan mengenai produk tersebut ketika mengunjungi website lainnya. Hal ini disebabkan karena iklan bertarget yang nantinya dapat mempengaruhi kebiasaan belanja Anda.

3. Menjual data

Tidak cukup hanya membuat konsumen melihat iklan, perusahaan juga akan menjual data aktivitas Anda di internet. Hal ini akan membuat Anda melihat iklan atau produk yang telah dibeli orang lain dengan riwayat penjelajahan dan pembelian yang serupa dengan milik Anda. Hal ini mungkin akan membuat Anda jadi ingin membeli barang lainnya karena produk yang ditawarkan akan disesuaikan dengan personalisasi Anda.

4. Memicu Anda belanja lebih banyak

Ketika Anda tertarik mengklik ikan yang ditargetkan dan membeli produk baru dalam hitungan detik meski harganya murah, Anda mungkin akan merasa itu pembelian yang tidak seberapa. Hal inilah yang membuat uang jadi tidak terasa nyata yang akan membuat Anda membelanjakan uang lebih banyak.

5. Influencer

Jika Anda mengikuti influencer di media sosial, mereka bisa jadi memberikan berbagai konten promosi yang akan membuat Anda tergiur untuk membeli produk tersebut. Ketika Anda sering tergoda untuk membeli barang yang mereka promosikan, hal ini tentu membuat keuangan Anda jadi tidak stabil karena banyaknya pengeluaran yang Anda lakukan.

Baca Ini: 

Itu tadi beberapa cara media sosial mempengaruhi kebiasaan belanja Anda.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 01 Mar 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories