Pegadaian Gandeng IJTI Gelar Lomba Jurnalistik

Karyawati menunjukkan emas batangan 24 Karat di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Selasa, 13 September 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (TrenAsia.com)

MAKASSARINSIGHT.com —Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) bersama PT Pegadaian menggelar Lomba Karya Jurnalistik 2023 dengan total hadiah Rp250 juta. Ajang ini diharapkan semakin mengenalkan ekosistem emas yang dikelola Pegadaian sebagai investasi menjanjikan di masa depan. Kompetisi diperuntukkan bagi seluruh jurnalis televisi, cetak, online dan jurnalis foto di Indonesia. 

Sekretaris PT Pegadaian, Yudi Sadono, mengatakan tahun ini Pegadaian mengangkat tema “Tumbuh dan Berkembang Melalui Ekosistem Emas dan Digitalisasi Bisnis”. Yudi mengatakan tema tersebut ingin memperkenalkan ekosistem emas yang dikelola Pegadaian sebagai instrumen investasi menjanjikan di masa depan. 

“Perusahaan juga ingin memperlihatkan digitalisasi bisnis yang telah dilakukan Pegadaian memasuki usianya ke-122 tahun pada tahun ini,” ujar Yudi dalam keterangannya, dikutip TrenAsia, Rabu 22 Februari 2023.

Baca Juga: 

Yudi mengatakan lomba karya jurnalistik merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pegadaian untuk menyambung tali silaturahmi dengan media. Kali ini, pihaknya berkolaborasi dengan IJTI untuk menggelar ajang bergengsi tersebut. Yudi mengatakan lomba ini sekaligus menjadi apresiasi terhadap karya-karya jurnalistik terbaik televisi, cetak, online maupun jurnalis foto. 

Pihaknya berharap ajang tersebut dapat menjadi wadah jurnalis dalam mengembangkan isu dan mengelolanya menjadi konten berita yang bermanfaat untuk masyarakat. 

“Ajang ini juga menjadi momen bagi perusahaan untuk memberikan apresiasi kepada seluruh media, yang telah membantu kami menyampaikan informasi yang dirilis Pegadaian,” ujar Yudi.

Sekretaris Jenderal IJTI, Usmar Almarwan, mengatakan ajang ini merupakan bagian dari upaya IJTI untuk terus mengasah kemampuan para jurnalis melalui karya-karya jurnalistik yang positif dan berkualitas. Menurut Usmar, seluruh karya yang masuk akan dinilai oleh juri profesional yang telah malang melintang di dunia media dan jurnalisme. 

“Harapnya ajang ini bisa terus memotivasi para jurnalis untuk membuat karya jurnalistik berkualitas,” ucap Usmar. 

Baca Juga:

Berikut syarat untuk mengikuti lomba karya jurnalistik Pegadaian-IJTI 2023:

a.            Peserta adalah jurnalis dari media elektronik, cetak, online dan foto.

b.            Melampirkan ID Pers atau surat pengantar dari redaksi.

c.             Karya berkaitan dengan upaya Pegadaian mendukung masyarakat mengembangkan bisnis secara digital serta pemanfaatan tabungan dan investasi emas.

d.            Karya tidak bertentangan dengan kode etik. P3SPS, Pedoman Media Siber dan peraturan perundang-undangan.

e.            Untuk kategori berita televisi, durasi karya maksimal 5 menit.

f.             Karya sudah dipublikasikan di masing-masing media televisi, cetak, atau online

g.            Karya orsinil, tidak menduplikasi karya orang lain.

h.            Batas pengiriman materi lomba 10 April 2023.

i.              Karya dikirim melalui emal: lkjijti2023@gmail.com.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 22 Feb 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories