Sebanyak 56,5 Persen Masyarakat Puas Dengan Kinerja DPRD Makassar di Tahun 2022

Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo. (INT)

MAKASSARINSIGHT.com - Tingkat kepuasan masyarakat terhadap DPRD Kota Makassar mengalami peningkatan. Hal itu terungkap dalam diskusi publik Masalah Aktual Kemasyarakatan yang digelar DPRD Makassar di Sandeq Ballroom Hotel Claro Makassar Jl AP Pettarani, Senin (24/12/2022).

Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo mengatakan diskusi ini mengambil tema “Survei Kepuasan Kinerja dan Peluncuran Buku Profil Anggota DPRD Kota Makassar”. Untuk survei kinerja anggota DPRD, pihaknya menggandeng Celebes Research Consulting atau CRC.

“Dan ternyata tadi, setelah dipaparkan (hasil survei). Ternyata tingkat kepuasan masyarakat terhadap anggota DPRD Makassar di atas 50 %. Tadi 56,5 %,” ungkap Rudianto Lallo dalam diskusi publik yang turut dihadiri anggota DPRD Makassar, dan sejumlah SKPD lingkup Kota Makassar.

Ia menjelaskan, survei yang dilakukan DPRD Makassar merupakan hal yang baru di DPR kabupaten/kota. Di mana seluruh anggota DPRD Makassar, kinerjanya diukur dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan selama setahun.

Kegiatan-kegiatan itu, misalnya konsultasi publik, kunjungan Capil, sosialisasi Perda, dan termasuk Reses. Selama melakukan kegiatan itu, seorang anggota DPRD Makassar diperkirakan menemui sebanyak 4.000 orang.

“Nah, kita mau mengukur, apakah 4000 orang ini dengan satu anggota dewan kemudian kinerja anggota dewan bisa dinilai positif oleh masyarakat atau bagaimana. Dan ternyata di atas 50 persen,” imbuhnya.

Dengan adanya hasil survei itu, Rudianto Lallo menekankan hasilnya akan menjadi catatan bagi para dewan di Makassar. Agar bisa meningkatkan kinerja di tahun berikutnya.

“Jadi ini kan bisa jadi bahan evaluasi juga bagi semua anggota DPR. Bahkan, untuk peningkatan kualitas kinerja anggota DPR. Terkhusus tiga fungsi DPR tadi. Fungsi pembentukan perdanya, fungsi budget-nya, dan fungsi pengawasannya,” pungkasnya. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories