Sebaiknya Tidak Beli HP dengan Penyimpanan Kurang dari 256GB, Ini Alasannya

Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Tidak Beli HP dengan Penyimpanan Kurang dari 256GB (Freepik.com/wayhomestudio)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Anda tentu menyadari bahwa storage atau penyimpanan ponsel yang sekarang dijual jadi semakin besar. Bahkan, dulu yang mungkin Anda mengira storage 64 GB sudah cukup, saat ini mungkin jadi terkesan sangat sedikit.

Saat ini, standar storage atau ruang penyimpanan bagi sebagian besar smartphone adalah 128 GB. Namun, meski memilih versi 128 GB mungkin lebih hemat karena harganya akan jadi jauh lebih murah, perangkat justru akan lebih cepat usang sebelum waktunya karena kekurangan storage.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara tepat saat membeli ponsel, termasuk soal memahami storage ponsel minimal yang harus kita miliki.

Baca Juga: 

Alasan Sebaiknya Tidak Beli Ponsel dengan Storage Kurang dari 256 GB

Alasan sebaiknya Anda tidak beli ponsel dengan memory internal kurang dari 256 GB

Berikut beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya membeli ponsel dengan penyimpanan minimal 256 GB.

1. Pergeseran Tren Storage Smartphone

Beberapa tahun lalu, mayoritas ponsel memiliki penyimpanan internal sebesar 64 GB. Akan tetapi, sekarang sebagian ponsel memiliki storage minimal 128 GB. 

Memilih membeli smartphone versi 128 GB tampaknya memang menarik pada awalnya karena lebih murah. Akan tetapi, hal ini akan mempercepat usangnya ponsel tersebut karena smartphone memiliki aplikasi, foto, video, dan data yang seiring berjalannya waktu akan menghabiskan ruang yang tersedia.

2. Pola Penggunaan

Beberapa pengguna menggunakan ponsel untuk menelepon, mengirim pesan, bahkan membuat konten secara profesional. Hal inilah yang membuat pengguna cenderung membutuhkan ponsel yang memiliki penyimpanan yang lebih besar untuk melakukan berbagai aktivitas seperti membuka email, mengambil foto, mengedit video, dan tugas lainnya yang terkait pekerjaan.

3. Meningkatnya Ukuran Aplikasi

Saat ini ukuran aplikasi ternyata juga ikut mengalami peningkatan. Aplikasi sekarang menyediakan berbagai fitur dan berfokus pada estetika visual. Hal inilah yang membuat ukuran aplikasi jadi semakin besar.

Baca Juga: 

4. Evolusi Kamera Ponsel

Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan konsumsi penyimpanan ponsel adalah peningkatan kualitas kamera smartphone. Kamera ponsel sekarang mampu mengambil foto dengan hasil yang lebih detail, warna yang lebih menyerupai aslinya, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, hal itu juga menimbulkan konsekuensi tersendiri yaitu file hasil foto jadi memiliki ukuran yang lebih besar sehingga memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

5. Download Konten Secara Offline

Sekarang adalah hal yang lumrah menikmati konten video secara offline, apalagi ketika Anda ingin berhemat paket internet atau tidak ada jaringan internet. Selain itu, banyak aplikasi video atau streaming video yang menyediakan layanan download konten yang memudahkan pengguna mengakses konten tersebut secara offline. Namun, perlu diketahui bahwa konten yang diunduh tersebut akan menghabiskan penyimpanan ponsel.

Itu tadi penjelasan mengapa Anda sebaiknya tidak memilih HP atau ponsel yang memiliki storage atau ruang penyimpanan kurang dari 256 GB. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 02 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories