Rilis Pekan Ini, Yuk Cek Apa Saja yang Baru dari Seri iPhone 15?

Ilustrasi iPhone 15 (macrumors.com)

MAKASSRINSIGHT.com – Seri iPhone 15 smartphone flagship besutan Apple Inc dalam waktu dekat segera meluncur ke pasaran. Seperti biasa, perilisan ini disiarkan secara streaming melalui akun Youtube perusahaan. 

Mengutip Tech Advisor, selain ditonton melalui akun Youtube perusahaan, peluncuran seri iPhone 15 juga dapat disaksikan lewat aplikasi Apple TV yang tersedia di iPhone, iPad dan iMac.

Diketahui Apple Inc bakal merilis seri iPhone 15 pada 12 September 2023 pukul 10:00 PDT (Pacific Time) atau Rabu, 13 September 2023, pukul 00.00 WIB mendatang. Acara perilisan smartphone flagship mengusung tajuk “Wonderlust” itu berlangsung di Apple Park di California Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: 

Tak hanya merilis iPhone 15, Apple Inc juga dimungkinkan bakal merilis produk lainnya, seperti Apple Watch Series 9, sebuah jam tangan digital yang dibekali dengan teknologi muktahir. Lalu apa yang baru dari seri iPhone 15?

Apa yang Baru?

Melansir laman TrendForce, Apple inc bakal meluncurkan 4 seri iPhone 15, yakni iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Spesifikasi yang ditanamkan dalam seri iPhone itu sangatlah ajib, dan utamanya harga baru tidak jauh dengan edisi sebelumnya. 

Secara umum, teknologi yang diberikan Apple Inc untuk iPhone 15 terbagi dua, yakni iPhone 15 dan iPhone 15 Plus memiliki spesifikasi serupa dengan peningkatan kamera signifikan dan penyempurnaan chipset A16 Bionic. Lalu, untuk seri iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max sedikit lebih unggul dengan desain elegan, chipset terbaru, dan RAM lebih besar. 

Fabrikasi Jempolan 

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus menggunakan chipset A16 Bionic yang telah disempurnakan dengan fabrikasi 3 nm (Nano Meter), angka itu lebih kecil dibanding seri iPhone 14 yang hanya memiliki fabrikasi 5 nm. Artinya, semakin mengecil angka fabrikasi, sebuah smartphone jadi lebih efisien dan ringan ketika membuka ragam aplikasi. 

Sedangkan untuk seri iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menjajal chipset terbaru buatan Apple Inc, yakni A17 Bionic dengan kecepatan fabrikasi hingga 3nm. Angka itu jadi yang tercepat dibanding chipset Snapdragon 8 Gen 3 yang ditanamkan pada flagship Samsung Galaxy. 

RAM Tembus 8GB

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max bakal menjadi smartphone pertama buatan Apple Inc yang menggunakan (RAM) sebesar 8GB. Kekuatan ini juga didukung oleh memori internal yang mencapai 128GB hingga 1TB. 

Sedangkan untuk iPhone 15 dan iPhone 15 Plus masih menggunakan RAM 6GB atau serupa yang digunakan iPhone 14 Pro Max yang dirilis tahun lalu. Adapun untuk seri ini juga dibekali memori internal mencapai 128GB hingga 512GB. 

Kamera dan Ukuran Layar Pas

Seri iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, masih menggunakan kamera utama 48MP yang sama dengan pendahulunya. Namun, fungsi Ultrawide-nya bakal disokong olhe lensa kamera 12MP (f/2.4). Lalu, ukuran layar smartphone ini sebesar 6.1 inch. 

Sementara itu, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menggunakan kamera yang sama dengan pendahulunya. Apple masih mempertahankan lensa beresolusi 48MP dengan sensor IMX803. 

Namun, fungsi Ultrawide dan Telephoto di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan mendapat peningkatan signifikan dari pendahulunya. Kamera Ultrawide beresolusi 13,4MP (f/2.2) dan Telephoto mengenakan lensa kamera 12,7MP (f/2.8). Adapun ukuran layar kedua handphone flagship itu sebesar 6,7 inch. 

Bingkai Titanium

Melansir The Verge, iPhone 15 Pro ke atas bakal menjadi salah satu produk Apple Inc dengan desain yang sama sekali berbeda daripada pendahulunya. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri terutama pencinta desain smartphone yang elegan. 

Nantinya, seri Iphone 15 tersebut akan diusung dengan bingkai dari titanium yang sebelumnya mengenakan stainless steel. Bahan ini diklaim mampu 

Gunakan USB Type-C

Seri iPhone 15 akan menjadi smartphone Apple Inc pertama yang menggunakan sambungan USB Type-C. Keputusan ini diambil setelah protes dari komisi perdagangan Uni Eropa terkait sampah USB Lightning yang tidak ramah lingkungan pada beberapa waktu lalu. 

Jadi ini merupakan keuntungan besar untuk user android semisal ingin merasakan teknologi iPhone tak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli port USB. Lalu berapakah harga iPhone 15? 

Baca Juga: 

Harga iPhone 15

Disclaimer karena seri iPhone 15 bakal resmi dirilis pada 12 September 2023 atau satu hari lagi, maka harga berikut hanya prediksi dari firma riset TrendForce untuk pasar AS. 

Namun, dapat dipastikan tidak ada lonjakan signfikan kecuali iPhone 15 Pro Max dengan kapasitas internal 1TB yang menyentuh US$1699 atau setara Rp26.1 juta. (Asumsi kurs, Rp15.381,70 per satu Dolar)

Sementara untuk iPhone 15 biasa dengan memori internal 128GB menjadi smarphone baru Apple Inc termurah yang dibanderol seharga US$799/Rp12 juta. Sedangkan iPhone 15 Plus memori internal 128GB dijual sebesar US$999 atau setara Rp15,3 juta. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 11 Sep 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories