Presiden Jokowi Resmi Lantik Maruli Simanjuntak Sebagai Kepala Staf Angkatan Darat

Pelantikan Letjen Maruli Simanjuntak sebagai KSAD di Istana Negara, Rabu 29 November 2023 ((Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden))

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, 29 November 2023. Letjen Maruli Simanjuntak menggantikan posisi Jenderal Agus Subiyanto yang dilantik Presiden menjadi Panglima TNI beberapa waktu lalu. 

Maruli diangkat menjadi KSAD berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat. Pelantikan diawali dengan pembacaan Keppres oleh Sekretaris Militer Presiden, Laksda Hersan. 

“Kedua, mengangkat Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat,” ucap Laksda Hersan membacakan Keppres, dipantau secara daring melalui Saluran Youtube Sekretariat Kepresidenan, Rabu 29 November 2023.

Baca Juga: 

Selanjutnya dilanjutkan dengan penyematan tanda pangkat jabatan KSAD oleh Presiden Jokowi. Usai penyematan, Letjen Maruli Simanjuntak diambil sumpahnya berdasarkan agamanya. 

“Demi Tuhan yang Maha Esa, Saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia,” ucap Letjen Maruli Simanjuntak mengucapkan potongan kata-kata sumpahnya.

Usai pengucapan sumpah, Letjen Maruli Simanjuntak menandatangani berita acara pelantikan dengan disaksikan oleh Presiden Jokowi, Panglima TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Dilantiknya Letjen Maruli Simanjuntak otomatis turut menaikkan pangkatnya menjadi jenderal Bintang empat. Hal tersebut seperti tertuang dalam Keppres Nomor 104/TNI/2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Dalam pelantikan tersebut, turut hadir Terlihat pula Wakil Ketua MPR Syarief Hasan, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, hingga Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelumnya, ramai diberitakan bahwa posisi KSAD yang kosong seusai Jenderal Agus Subiyanto naik menjadi Panglima TNI bakal diisi oleh Maruli Simanjuntak. Dari sebuah sumber disebutkan bahwa inisial nama yang bakal mengisi kekosongan ialah M. Terdapat perwira tinggi Bintang tiga dengan inisial M adalah Maruli Simanjuntak yang menjabat sebagai Pangkostrad.

Baca Juga: 

Koordinator Staf Khusus Presiden, AAGN Ari Dwipayana juga telah memastikan bahwa akan ada pelantikan KSAD oleh Presiden Jokowi. Namun saat itu Ari tidak membeberkan soal nama yang bakal dilantik oleh Presiden. Potensi Maruli menjadi KSAD juga sempat disinggung oleh Presiden Jokowi usai menghadiri acara Puncak Hari Guru Nasional. Dirinya mengatakan bahwa Maruli merupakan salah satu kandidat KSAD.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 29 Nov 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories