Pilpres 2024: Ini Daerah yang Jadi Lokasi Kampanye Perdana Kandidat

Tiga Pasangan Capres-Cawapres saat mengambil undian nomor urut peserta Pilpres 2024 di KPU, Selasa 14 November 2023 ((Foto: Tangkapan Layar Youtube KPU))

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merilis jadwal kampanye untuk pasangan Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres). Masa kampanye dimulai pada 28 November 2023 hingga 75 hari ke depan. Dalam masa tersebut, para Paslon diberbolehkan melakukan kampanye mensosialiasikan visi misi dan program kerja mereka kepada masyarakat. 

Pasangan Capres-Cawapres nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan memulai kampanye di lokasi yang berbeda. Anies mengatakan akan memulai berkampanye di Jakarta, sedangkan Cak Imin nantinya akan memulainya di Surabaya. Alasan tidak melakukan bersama yaitu supaya lebih banyak masyarakat yang dapat dijangkau.

“Kalau semuanya bareng, yang bisa terjangkau sedikit,” kata Anies di KPU, Senin 27 November 2023. Anies mengungkapkan hari-hari ke depan, dirinya bersama Cak Imin dapat lebih banyak menjangkau masyarakat dengan menggunakan cara berkampanye tersebut. 

Kemudian Paslon nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bakal melakukan kampanye perdananya di daerah Jabodetabek. “Kita kick off di sekitar Jabodetabek,” kata Prabowo saat menghadiri acara Bawaslu, Senin. 

Baca Juga: 

Prabowo mengatakan bakal berbagi tugas dengan Gibran yang jauh lebih muda. Gibran selaku Cawapresnya bakal bergerak ke berbagai tempat dalam melakukan kampanye tersebut. “Yang muda bergerak ke mana-mana,” kata Prabowo.

Kemudian Ganjar berencana memulai kampanye dari timur dan barat. Dirinya bakal memulai start dari Papua, sedangkan Mahfud Md sebagai Cawapresnya bakal memulainya dari Aceh. Keduanya akan bergerak bersama dalam kampanye itu. Meski demikian, Ganjar tidak menjelaskan lebih lanjut soal teknis pelaksanaannya.

Sebelumnya, ketiga Paslon Capres-Cawapres itu Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang digelar Bawaslu di Hotel Grand Sahid Jaya, Senin, 27 November 2023. Acara itu menandai kampanye pasangan calon pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang akan dimulai Selasa, 28 November 2023.

Pantauan dari siaran langsung di YouTube Bawaslu, Senin, pasangan Anies-Cak Imin tampak mengenakan kemeja putih dan memakai jas. Kemudian Prabowo-Gibran kompak memakai kemeja warna biru sedangkan Ganjar terlihat memakai kemeja hitam dan Mahfud berkemeja putih.

Baca Juga: 

Dalam sambutannya, ketiga Paslon itu memiliki harapan yang sama. Mereka menginginkan agar aparat bertindak netral dan konsisten menjalankan tugasnya. Pada kesempatan itu juga, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mempersilahkan para Pasangan Capres-Cawapres berkampanye selama 75 hari. “Kampanye peserta Pemilu seluas-luasnya dan ajang peserta menyakinkan Republik ini dengan menawarkan visi misi,” kata Rahmat.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 27 Nov 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories