Penjualan Suplemen Kesehatan Diprediksi Naik, Ini Beberapa Jenis yang Paling Dicari

Ekstrak timun (istockphoto.com)

MAKASSARINSIGHT.com - Terdapat laporan dari NutraScience Labs, pasar suplemen makanan global diproyeksikan meningkat menjadi $272,4 miliar pada tahun 2028. Laporan ini juga berspekulasi bahwa beberapa alasan pendorong di balik peningkatan berkelanjutan dalam pembelian suplemen terkait dengan peningkatan kesadaran kesehatan di kalangan konsumen, meningkatnya urbanisasi, dan fakta bahwa suplemen dapat membantu orang dengan jadwal padat dengan mudah memenuhi beberapa kebutuhan nutrisinya.

Suplemen juga dapat mengisi celah tertentu ketika asupan nutrisi seseorang dipengaruhi oleh hal-hal, seperti pola makan atau lokasi geografis. Contohnya, banyak vegan dan pemakan nabati akan mengonsumsi B12 untuk menutupi kekurangan B12 dalam makanan mereka.

Orang-orang yang tinggal di daerah utara dengan musim dingin yang panjang dan gelap dapat mengonsumsi suplemen vitamin D untuk mengatasi kekurangan vitamin D yang biasanya mereka dapatkan dari sinar matahari.

Anda dapat menemukan berton-ton nutrisi dan vitamin yang berbeda dalam bentuk suplemen—kebanyakan tersedia dalam bentuk pil, bubuk, permen karet, cairan tetes, atau bahkan cokelat (jika Anda beruntung), dinukilkan dari laman eatthis.com.

Karena itu suplemen merupakan pasar yang berkembang pesat, kami ingin mengetahui suplemen spesifik mana yang kemungkinan besar akan meningkat popularitasnya di tahun mendatang.

Berdasarkan riset industri, inilah suplemen yang akan menjadi tren suplemen terbesar di tahun 2023.

1. Ekstrak mentimun

Awal tahun ini, Gene Bruno, wakil presiden Urusan Ilmiah & Regulasi di NutraScience Labs dan profesor Ilmu Nutraceutical di Huntington University of Health Sciences, menulis artikel untuk Majalah WholeFoods tentang prediksi suplemennya untuk tahun 2023.

Menurut veteran industri ini dengan lebih dari pengalaman 40 tahun di bidang suplemen, dia berhipotesis bahwa suplemen yang ditujukan untuk kesehatan tulang dan sendi diperkirakan akan menjadi komoditas panas di tahun 2023.

"Tren sekarang menunjukkan kebangkitan pasar kesehatan sendi. Faktanya, keseluruhan pasar suplemen kesehatan tulang dan sendi global diperkirakan mencapai $11,7 miliar pada tahun 2022 dan mencapai $17,6 miliar pada tahun 2027, dengan CAGR 8,5%," Bruno katanya dalam artikel Majalah WholeFoods, mendasarkan proyeksinya pada laporan data Wawasan Pasar UnivDatos, Pasar Suplemen Kesehatan Tulang dan Sendi: Analisis dan Prakiraan Saat Ini (2022-2028).

Salah satu suplemen yang berpotensi menjadi tren, khususnya, yang ditunjukkan Bruno untuk meredakan gejala tulang dan sendi adalah ekstrak mentimun.

Dalam artikelnya, Bruno menyebutkan kombinasi suplemen populer yang sering digunakan untuk kesehatan tulang dan sendi: glukosamin dan kondroitin. Tapi suplemen ini, katanya, sedang menurun popularitasnya.

Karena pil kombinasi ini membutuhkan empat dosis setiap hari, Bruno menduga penurunan pemakaian ini bermula dari keengganan masyarakat untuk mengonsumsi pil berkali-kali dalam satu waktu. Di sinilah daya tarik ekstrak mentimun; Bruno mencatat bahwa meskipun dosisnya lebih kecil, Anda tetap mendapatkan manfaat kesehatan tulang dan sendi.

Ada juga uji klinis kecil di mana pasien osteoporosis diberikan ekstrak air mentimun atau glukosamin-kondroitin (GC). Setelah uji coba, pasien yang menggunakan ekstrak mentimun mengalami penurunan nyeri sekitar 70%, dibandingkan dengan hanya sekitar 33% pada pengguna GC. Informasi ini dapat memotivasi orang untuk mencoba ekstrak mentimun sebagai cara untuk merawat tulang dan persendiannya.

2. Jamur obat

Jamur obat sedang mengalami momennya, dan laporan tren tampaknya merasa yakin tentang fakta bahwa mereka tidak akan kemana-mana. Meskipun Anda bisa makan dan memasak dengan jenis jamur ini, umumnya ditemukan dalam bentuk pil, seperti permen karet, atau sebagai bubuk kopi instan.

Jenis Suplemen: Laporan tren 2022–2023 dari NutraScience memprediksi bahwa suplemen penambah kekebalan tubuh akan mengalami peningkatan pasar sekitar 7,5% pada tahun 2028, dengan jamur obat menjadi bahan yang populer.

Selain itu, suplemen dalam kategori tidur, stres, dan kesehatan kognitif akan meningkat sebesar 8,5% selama enam tahun ke depan. Juga, ini menunjukkan bahwa kita kemungkinan akan melihat lebih banyak kopi jamur di masa depan, yang mengandung lebih sedikit kafein daripada secangkir kopi standar tetapi dapat memberikan manfaat kesehatan dari berbagai jenis jamur seperti manusia singa, jamur yang dapat dimakan yang diketahui memiliki kesehatan kognitif. manfaat, serta reishi, chaga, dan cordyceps.

3. Ashwagandha

Suplemen Ashwagandha sudah terkenal di beberapa komunitas kesehatan, tetapi laporan Jenis Suplemen: Tren 2022–2023 menunjukkan bahwa karena kesadaran konsumen yang meningkat tentang betapa buruknya stres bagi kesehatan mereka, kami akan terus melihat lebih banyak suplemen yang membantu mengurangi stres, seperti ashwagandha, terus menembus pasar.

Ramuan yang telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad di tempat-tempat seperti Asia Tenggara dan sebagian Afrika, Ashwagandha kini juga digunakan di AS.

Sebagai suplemen untuk manajemen stres, bantuan tidur, dan untuk membantu kesehatan memori dan kognitif. Bentuk yang paling umum adalah bubuk yang dapat Anda tambahkan ke kopi, teh, atau smoothie, atau dalam bentuk pil yang dapat Anda konsumsi secara teratur.

4. Lumut Irlandia

Menurut prediksi dalam laporan NutraScience yang disebutkan di atas, kemungkinan suplemen lumut Irlandia akan memiliki kehadiran arus utama yang lebih kuat dalam waktu dekat. Juga dikenal sebagai lumut laut, lumut Irlandia adalah suplemen yang penuh dengan vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Medical News Today mencatat bahwa lumut Irlandia juga kaya akan asam lemak yodium dan omega-3, dan ini bisa membantu kesehatan tiroid dan jantung. Anda dapat membeli lumut Irlandia dalam bentuk kapsul pil standar, atau mendapatkannya dalam bentuk gel dan menambahkannya ke makanan atau minuman Anda.

5. Klorofil

Klorofil memang sudah cukup dikenal, terutama dalam bentuk tetesan yang dimasukkan sebagian orang ke dalam airnya. Pigmen hijau alami yang ditemukan di banyak sayuran hijau, klorofil telah ditemukan untuk membantu anti-penuaan dan pencegahan jerawat, dan beberapa penelitian pada hewan bahkan menemukan bahwa klorofil mungkin dapat membantu pencegahan kanker.

Menurut Laporan Prediksi Pinterest 2023, sebuah laporan yang dirilis perusahaan setiap tahun untuk menyoroti prediksi mereka untuk tahun mendatang berdasarkan pencarian dari situs mereka, minat terhadap klorofil sedang meningkat. Secara khusus, ini berarti pencarian untuk "manfaat air klorofil" naik 35% pada pencarian Pinterest.

Faktanya, situs tersebut telah melihat tren peningkatan di banyak makanan super berbasis laut lainnya seperti ganggang hijau dan makanan ringan nori.(*)

 

Tulisan ini telah tayang di wongkito.co oleh Nila Ertina pada 03 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories