Polisi Tutup Beberapa Titik Jalan di Malam Pergantian Tahun 2023

Ilustrasi. (INT)

MAKASSARINSIGHT.com – Satlantas Polrestabes Makassar akan melakukan penutupan akses masuk menuju Kota Makassar di malam pergantian tahun. Keputusan ini diambil, dikarenakan berbagai alasan.

Kasatlantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda menjelaskan, kebijakan ini diambil mengingat cuaca di kawasan Sulsel termasuk Makassar masih tergolong ekstrim. Sebab sebelumnya, BMKG telah mengeluarkan peringatan terkait kemungkinan terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi yang disertai petir dan angin kencang saat menjelang tahun baru 2023.

“Selain itu potensi keramaian yang berlebihan dapat menjadi kerawanan menjurus pada musibah/kecelakaan ataupun tindakan kriminal,” ucap Kasatlantas Polrestabes Makassar, dalam siaran persnya, diterima Jumat (30/12/2022).

Melihat potensi ini kata Zulanda, perlu dilakukan pola pengaman sesuai instruksi Kapolrestabes Makassar untuk dapat mengantisipasi hal tersebut. Hal ini yang bakal dilakukan Satlantas Polrestabes Makassar di malam pergantian Tahun Baru 2023 dengan menutup akses masuk Makassar.

Pertama, pintu masuk Kota Makassar akan dilakukan penyekatan di 5 pintu arah masuk. Masing-masing dari arah Hertasning, Alauddin, Barombong arah Gowa dari Jl Perintis dan Paccerakkang arah Maros.
“Mulai pukul 16.00 wita, itu akan dijaga sejumlah personel gabungan Satu Sabhara dan Polsek setempat,” imbuh AKBP Zulanda.

Nantinya, pihaknya akan fokus menyeleksi pengendara yang akan masuk ke Makassar. Misalnya, yang menggunakan knalpot bronk, pembawa sajam, miras, TNKB Gantung, ranmor modifikasi yang tidak berkeselamatan diwajibkan putar balik dan tidak boleh masuk Makassar.

Tak hanya itu, penjagaan juga dilakukan diradius sisi timur Jl Pettarani yang biasanya digunakan pengendara ugal-ugalan. Bahkan akan dilakukan penindakan yang serius bila berpotensi membahayakan pengguna jalan lainnya.

Untuk sisi timur Jalan AP Petarani akan diback up penuh dari Ditlantas Polda Sulsel. Sementara radius Barat Pettarani akan dilakukan penutupan bagi Ranmor yang akan masuk Losari dari jalan Haji Bau-Arief Rate dan semua akses masuk dari gang-gang kecil menuju kawasan Losari.

“Kawasan pintu barat dan timur CPI juga akan ditutup mulai pukul 18.00 Wita. Namun bila kapasitas sudah penuh jam 17.00 Wita sudah dilakukan penutupan bagi ranmor namun untuk akses keluar dari kedua tempat tersebut tetap di berikan akses keluar dari lokasi,” paparnya.

Pihaknya juga akan menyediakan lokasi parkir di kawasan Twin Tower dan kawasan bisnis CPI sebelum pukul 17.00 Wita. Sehingga akses kedalam Lego-lego dan Masjid 99 Kubah akan nyaman bagi pejalan kaki krn tidak ada ranmor lalu lalang. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories